Education for Sustainable Development (ESD) dalam Pembelajaran IPA

Main Authors: Purnamasari, Shinta, Hanifah, Aldila Nurrul
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Garut , 2021
Subjects:
ESD
Online Access: https://journal.uniga.ac.id/index.php/jkpi/article/view/1281
https://journal.uniga.ac.id/index.php/jkpi/article/view/1281/pdf
ctrlnum article-1281
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="id-ID">Education for Sustainable Development (ESD) dalam Pembelajaran IPA</title><creator>Purnamasari, Shinta</creator><creator>Hanifah, Aldila Nurrul</creator><subject lang="id-ID">Education for sustainable development, ESD, ESD dalam pembelajaran ipa</subject><description lang="id-ID">Pembangunan berkelanjutan (sustainable development) merupakan pembangunan dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup, baik dari generasi saat ini maupun yang akan datang. Dalam sustainable development terdapat 17 tujuan yang disebut dengan sustainable development goals (SDGs). Salah satu upaya dalam mewujudkan SDGs adalah melalui pendidikan yang disebut dengan Education for Sustainable Development (ESD). Penulisan artikel ini ditujukan untuk memaparkan hasil kajian pustaka terkait karakteristik dan implementasi ESD dalam pembelajaran IPA. Sebanyak tujuh artikel yang diterbitkan pada berbagai jurnal dijadikan bahan utama dalam kajian pustaka ini. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) Terdapat delapan kompetensi kunci yang dirasa penting dalam memajukan pembangunan berkelanjutan. 2) ESD dapat diintegrasikan dalam pembelajaran IPA melalui berbagai cara, seperti perangkat pembelajaran, media pembelajaran, dan model pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dilihat bahwa kompetensi-kompetensi ESD dapat diimplementasikan ke dalam pembelajaran IPA untuk memajukan pembangunan berkelanjutan dan mencapai SDGs.</description><publisher lang="id-ID">Universitas Garut</publisher><contributor lang="id-ID"/><date>2021-08-02</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://journal.uniga.ac.id/index.php/jkpi/article/view/1281</identifier><identifier>10.52434/jkpi.v1i2.1281</identifier><source lang="id-ID">Jurnal Kajian Pendidikan IPA; Vol 1, No 2 (2021): Jurnal Kajian Pendidikan IPA; 69-75</source><source>2798-7043</source><source>2798-5636</source><source>10.52434/jkpi.v1i2</source><language>ind</language><relation>https://journal.uniga.ac.id/index.php/jkpi/article/view/1281/pdf</relation><rights lang="id-ID">##submission.copyrightStatement##</rights><recordID>article-1281</recordID></dc>
language ind
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:Journal
author Purnamasari, Shinta
Hanifah, Aldila Nurrul
title Education for Sustainable Development (ESD) dalam Pembelajaran IPA
publisher Universitas Garut
publishDate 2021
topic Education for sustainable development
ESD
ESD dalam pembelajaran ipa
url https://journal.uniga.ac.id/index.php/jkpi/article/view/1281
https://journal.uniga.ac.id/index.php/jkpi/article/view/1281/pdf
contents Pembangunan berkelanjutan (sustainable development) merupakan pembangunan dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup, baik dari generasi saat ini maupun yang akan datang. Dalam sustainable development terdapat 17 tujuan yang disebut dengan sustainable development goals (SDGs). Salah satu upaya dalam mewujudkan SDGs adalah melalui pendidikan yang disebut dengan Education for Sustainable Development (ESD). Penulisan artikel ini ditujukan untuk memaparkan hasil kajian pustaka terkait karakteristik dan implementasi ESD dalam pembelajaran IPA. Sebanyak tujuh artikel yang diterbitkan pada berbagai jurnal dijadikan bahan utama dalam kajian pustaka ini. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) Terdapat delapan kompetensi kunci yang dirasa penting dalam memajukan pembangunan berkelanjutan. 2) ESD dapat diintegrasikan dalam pembelajaran IPA melalui berbagai cara, seperti perangkat pembelajaran, media pembelajaran, dan model pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dilihat bahwa kompetensi-kompetensi ESD dapat diimplementasikan ke dalam pembelajaran IPA untuk memajukan pembangunan berkelanjutan dan mencapai SDGs.
id IOS16496.article-1281
institution Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut
institution_id 6003
institution_type library:university
library
library Jurnal Kajian Pendidikan IPA
library_id 5029
collection Jurnal Kajian Pendidikan IPA
repository_id 16496
subject_area Jurnal Pendidikan IPA
Pendidikan Kimia
Pendidikan Biologi
Pendidikan Fisika
city GARUT
province JAWA BARAT
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS16496
first_indexed 2022-01-17T06:44:08Z
last_indexed 2022-01-17T06:44:08Z
recordtype dc
_version_ 1722183233104248832
score 17.538404