Education for Sustainable Development (ESD) dalam Pembelajaran IPA
Main Authors: | Purnamasari, Shinta, Hanifah, Aldila Nurrul |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Garut
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://journal.uniga.ac.id/index.php/jkpi/article/view/1281 https://journal.uniga.ac.id/index.php/jkpi/article/view/1281/pdf |
ctrlnum |
article-1281 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="id-ID">Education for Sustainable Development (ESD) dalam Pembelajaran IPA</title><creator>Purnamasari, Shinta</creator><creator>Hanifah, Aldila Nurrul</creator><subject lang="id-ID">Education for sustainable development, ESD, ESD dalam pembelajaran ipa</subject><description lang="id-ID">Pembangunan berkelanjutan (sustainable development) merupakan pembangunan dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup, baik dari generasi saat ini maupun yang akan datang. Dalam sustainable development terdapat 17 tujuan yang disebut dengan sustainable development goals (SDGs). Salah satu upaya dalam mewujudkan SDGs adalah melalui pendidikan yang disebut dengan Education for Sustainable Development (ESD). Penulisan artikel ini ditujukan untuk memaparkan hasil kajian pustaka terkait karakteristik dan implementasi ESD dalam pembelajaran IPA. Sebanyak tujuh artikel yang diterbitkan pada berbagai jurnal dijadikan bahan utama dalam kajian pustaka ini. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) Terdapat delapan kompetensi kunci yang dirasa penting dalam memajukan pembangunan berkelanjutan. 2) ESD dapat diintegrasikan dalam pembelajaran IPA melalui berbagai cara, seperti perangkat pembelajaran, media pembelajaran, dan model pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dilihat bahwa kompetensi-kompetensi ESD dapat diimplementasikan ke dalam pembelajaran IPA untuk memajukan pembangunan berkelanjutan dan mencapai SDGs.</description><publisher lang="id-ID">Universitas Garut</publisher><contributor lang="id-ID"/><date>2021-08-02</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://journal.uniga.ac.id/index.php/jkpi/article/view/1281</identifier><identifier>10.52434/jkpi.v1i2.1281</identifier><source lang="id-ID">Jurnal Kajian Pendidikan IPA; Vol 1, No 2 (2021): Jurnal Kajian Pendidikan IPA; 69-75</source><source>2798-7043</source><source>2798-5636</source><source>10.52434/jkpi.v1i2</source><language>ind</language><relation>https://journal.uniga.ac.id/index.php/jkpi/article/view/1281/pdf</relation><rights lang="id-ID">##submission.copyrightStatement##</rights><recordID>article-1281</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other File:application/pdf File Journal:Journal |
author |
Purnamasari, Shinta Hanifah, Aldila Nurrul |
title |
Education for Sustainable Development (ESD) dalam Pembelajaran IPA |
publisher |
Universitas Garut |
publishDate |
2021 |
topic |
Education for sustainable development ESD ESD dalam pembelajaran ipa |
url |
https://journal.uniga.ac.id/index.php/jkpi/article/view/1281 https://journal.uniga.ac.id/index.php/jkpi/article/view/1281/pdf |
contents |
Pembangunan berkelanjutan (sustainable development) merupakan pembangunan dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup, baik dari generasi saat ini maupun yang akan datang. Dalam sustainable development terdapat 17 tujuan yang disebut dengan sustainable development goals (SDGs). Salah satu upaya dalam mewujudkan SDGs adalah melalui pendidikan yang disebut dengan Education for Sustainable Development (ESD). Penulisan artikel ini ditujukan untuk memaparkan hasil kajian pustaka terkait karakteristik dan implementasi ESD dalam pembelajaran IPA. Sebanyak tujuh artikel yang diterbitkan pada berbagai jurnal dijadikan bahan utama dalam kajian pustaka ini. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) Terdapat delapan kompetensi kunci yang dirasa penting dalam memajukan pembangunan berkelanjutan. 2) ESD dapat diintegrasikan dalam pembelajaran IPA melalui berbagai cara, seperti perangkat pembelajaran, media pembelajaran, dan model pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dilihat bahwa kompetensi-kompetensi ESD dapat diimplementasikan ke dalam pembelajaran IPA untuk memajukan pembangunan berkelanjutan dan mencapai SDGs. |
id |
IOS16496.article-1281 |
institution |
Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut |
institution_id |
6003 |
institution_type |
library:university library |
library |
Jurnal Kajian Pendidikan IPA |
library_id |
5029 |
collection |
Jurnal Kajian Pendidikan IPA |
repository_id |
16496 |
subject_area |
Jurnal Pendidikan IPA Pendidikan Kimia Pendidikan Biologi Pendidikan Fisika |
city |
GARUT |
province |
JAWA BARAT |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS16496 |
first_indexed |
2022-01-17T06:44:08Z |
last_indexed |
2022-01-17T06:44:08Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1722183233104248832 |
score |
17.538404 |