Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Kubus dan Balok
Main Authors: | Kasmawati, Kasmawati, Cahyati, Anuri Dwi, Riharson, Stepanus Alwan |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
CV Firmos
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal-id.com/index.php/jupin/article/view/19 https://jurnal-id.com/index.php/jupin/article/view/19/16 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa menurut tingkat kemampuan tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan soal pada materi kubus dan balok di SMP Negeri 2 Sajigan Besar. Adapun komponen kemampuan berpikir kreatif yang digunakan yakni kelancaran, kelenturan, keaslian, dan elaborasi. Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa adalah kemampuan untuk menciptakan ide yang baru atau berbeda, tidak umum, orisinil yang membawa hasil berbeda pasti dan tepat. Penelitian ini dilakukan kepada 19 orang siswa di salah satu SMP yang terletak di Kabupaten Sambas dengan metode deskritif kualitatif, instrument yang digunakan berupa butir soal kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi kubus dan balok selanjutnya disertai wawancara kepada siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP Negeri 2 Sajingan Besar didominasi oleh siswa yang memiliki kemampuan tingkat sedang yakni berjumlah 12 orang, tingkat kemampuan tinggi yakni 5 orang dan tingkat kemampuan rendah berjumlah 2 orang.