ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (Studi di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Banyumas)

Main Authors: Lynawati, Lynawati, Suyudi, Suyudi, Suraji, Suraji
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: FEB UNWIKU PURWOKERTO , 2020
Subjects:
Online Access: http://mimb-unwiku.com/index.php/mimb/article/view/32
http://mimb-unwiku.com/index.php/mimb/article/view/32/13
Daftar Isi:
  • The era of regional autonomy that has been going hand in hand since the new millennium has implications for the demand to improve the quality of public services because one of the mandates of reform is to improve the performance of public services. Idealism to provide excellent quality public services does not seem to be in line with empirical reality. In reality, up to now there are still many citizens who complained about the services provided by the service providers. The purpose of this research is to find out and analyze public satisfaction with public services presented by Dindukcapil, Banyumas Regency. This research was conducted in Dindukcapil Banyumas Regency using survey methods. The object of research is the satisfaction of the service user community. Methods of data collection using questionnaires and documentation. The sampling technique uses accidental sampling. Validity testing uses product moment correlation while reliability testing uses Cronbach's Alpha. Data analysis techniques use Important Performance Analysis (IPA). The results showed that the service user community was satisfied with the public services presented by Dindukcapil Banyumas Regency because the service performance received / felt was higher than its expectation. This is evidenced by the value of each item in the performance attribute which is entirely higher than the value of each item in the expectation attribute. Overall, the percentage ratio of the total score of the performance attributes is also higher than the percentage score of the total expectation attribute, which is 108.9%. Based on these results, the hypothesis which states: "People are satisfied with the public services presented by Dindukcapil Banyumas Regency", was accepted.
  • Era otonomi daerah yang bergulir seiring sejak milenium baru berimplikasi pada tuntutan peningkatan kualitas pelayanan publik karena salah satu amanat reformasi adalah peningkatkan kinerja pelayanan publik. Idealisme untuk memberikan pelayanan publik yang berkualitas prima nampaknya belum sejalan dengan realitas empiris. Dalam kenyataannya, hingga kini masih banyak warga masyarakat yang mengeluhkan pelayanan yang diberikan oleh aparatur pemberi pelayanan. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik yang disajikan Dindukcapil Kabupaten Banyumas. Penelitian ini dilakukan di Dindukcapil Kabupaten Banyumas dengan menggunakan metode survey. Objek penelitian adalah kepuasan masyarakat pengguna jasa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Pengujian validitas menggunakan korelasi product momen sedangkan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan Important Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat pengguna jasa merasa puas terhadap pelayanan publik yang disajikan oleh Dindukcapil Kabupaten Banyumas karena kinerja pelayanan yang diterima/dirasakan lebih tinggi dari harapannya. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai setiap item dalam atribut kinerja yang seluruhnya lebih tinggi dibandingkan dengan nilai setiap item dalam atribut harapan. Secara keseluruhan, perbandingan persentase skor total atribut kinerja juga lebih tinggi daripada persentase skor total atribut harapan, yaitu sebesar 108,9%. Berdasarkan hasil tersebut, maka hipotesis yang menyatakan: “Masyarakat merasa puas dengan pelayanan publik yang disajikan Dindukcapil Kabupaten Banyumas”, diterima