Pengaruh Fasilitas Laboratorium dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Simulasi Komunikasi Digital

Main Author: Feladi, Vindo
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: YAYASAN PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN HARAPAN ANANDA DAERAH KALIMANTAN BARAT , 2021
Subjects:
Online Access: http://jurnal.smpharapanananda.sch.id/index.php/juwara/article/view/12
http://jurnal.smpharapanananda.sch.id/index.php/juwara/article/view/12/7
Daftar Isi:
  • Abstrak Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk, mengetahui 1) Pengaruh Fasilitas laboratorium terhadap hasil belajar siswa, 2) Pengaruh lingkungan belajar belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran simulasi dan komunikasi, 3)  Pengaruh Fasilitas laboratorium dan lingkungan belajar belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Amaliyah Sekadau yang berjumlah 248 siswa. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan adalah propotional random sampling sehingga jumlah sampel yang digunakan sebesar 146 siswa. Hasil penelitian ini adalah, 1) Terdapat pengaruh Fasilitas laboratorium terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital., 2) Terdapat pengaruh lingkungan belajar belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital, 3) Terdapat pengaruh Fasilitas laboratorium dan lingkungan belajar belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital. Abstract The purpose of this study was to determine 1) The effect of laboratory facilities on student learning outcomes, 2) The influence of the learning environment on student learning outcomes in simulation and communication subjects, 3) The effect of laboratory facilities and learning environments on learning outcomes. students of simulation and digital communication subjects. This study used a quantitative descriptive method with an ex-post facto approach. The population in this study were 248 students of SMK Amaliyah Sekadau. The sampling technique used is proportional random sampling so that the number of samples used is 146 students. The results of this study are, 1) There is an influence of laboratory facilities on student learning outcomes in simulation and digital communication subjects., 2) There is an influence of the learning environment on student learning outcomes in simulation and digital communication subjects, 3) There is an influence of laboratory facilities and the learning environment. learning together on student learning outcomes in simulation and digital communication subjects.