MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI MEDIA KARTU ANGKA BERGAMBAR DI TK BUNAYA

Main Author: Syukri
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI STAI DINIYAH PEKANBARU , 2020
Subjects:
Online Access: https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/168
https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/168/116
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui media kartu angka bergambar. Media merupakan sebuah alat yang digunakan oleh pengantar pesan (guru) kepada penenrima pesan (murid atau siswa) dalam proses pembelajaran dikelas, media memiliki berbagai macam jenis dan bentuknya ada media visual, audio dan audio visual yang semua media itu apabila dimanfaatkan secara maksimal akan mendapatkan ahsil yang maksimal pula. Terkait penelitian ini adalah media kartu bergambar merupakan media visual yang dikemas dalam bentuk kartu yang didalam kartu tersebut ada tulisan angka ataupun huruf, mediaini dirasa paling besar manfaatnya atau paling cocok digunakan untuk pembelajaran pada anak usia dini dalam meningkatkan kemampuan kognitifnya karena dalam pelaksanaannya anak terlibat langsung dalam pemanfaatan media tersebut. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah anak TK Bunaya lokal A dengan jumlah anak 15 orang anak 10 perempuan dan 5 anak laki-laki. Berdasarkan penelitian tersebut didapatkan hasil bahwa penggunaan media kartu angka bergambar dapat meningatkan kemampua kognitif anak dalam memahami bilangan angka, lambang bilangan dan urutan angka. Dari hasil penelitian didapatkan kurang lebih 80% anak mengalami perkembangan kognitifnya melalui penggunaan media kartu angka bergambar ini.