PENGARUH METODE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN PRAKTIK PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) PADA ANAK USIA SEKOLAH
Main Author: | Ispriantari, Aloysia |
---|---|
Other Authors: | Poltekkes RS dr. Soepraoen |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Poltekkes RS dr. Soepraoen Malang
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.poltekkes-soepraoen.ac.id/index.php/HWS/article/view/152 http://jurnal.poltekkes-soepraoen.ac.id/index.php/HWS/article/view/152/82 |
Daftar Isi:
- Pembelajaran PHBS anak usia sekolah berbeda dengan pembelajaran pada orang dewasa karena anak usia sekolah masih berada pada fase operasional konkret. Anak usia sekolah lebih menyukai pebelajaran dengan kondisi yang menyenangkan dan dilakukan dalam bentuk permainan. Salah satu metode yang bisa dilakukan adalah dengan metode Course Review Horay dimana dalam metode ini menggunakan metode permainan yang membuat anak lebih aktif dalam berpartisipasi dalam kegiatan serta mampu menyerap lebih banyak pemahaman tentang materi yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Course Review Horay terhadap pengetahuan, sikap dan praktik Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada anak usia sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental dengan desain penelitian menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Sampel terdiri dari 48 responden yang diambil secara purposive sampling. Variabel yang diukur adalah adalah tingkat pengetahuan, sikap dan praktik tentang PHBS sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan PHBS melalui metode Course Review Horay. Dari data uji statistik Paired t-test didapatkan hasil p value pada variabel tingkat pengetahuan, sikap dan praktik sebesar 0.003, 0.025, 0.040 (p