Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Anak Berbahasa di Kelompok B TK Al-Khairaat Boya Baliase Kecamatan Marawola

Main Author: Nurlinda, Nurlinda
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Bungamputi , 2017
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bungamputi/article/view/8839
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bungamputi/article/view/8839/7021
Daftar Isi:
  • Masalah pokok dalam artikel ini adalah kemampuan anak berbahasa belum berkembang sesuai harapan. Upaya mengatasi masalah tersebut, telah dilakukan penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan anak berbahasa di kelompok B tk AL-Khairaat Boya Baliase Kecamatan Marawola yang berkumlah 20 anak. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif untuk menggambarkan keadaan sesungguhnya dan kemudian disimpulkan. Adapun teknik observasi dan teknik dokumentasi. Selanjutnya, pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan persentase. Peningkatan dilihat dari minggu pertama 6,66% dalam kategori BSB, 13,33 kategori BSH, 35% kategori MB, dan 45% kategori BB. Selanjutnya pada pengamatan minggu ke empat terdapat kategori BSB 35%, kategori BSH 26%, kategori MB 26%, dan ketegori BB 12%.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode bercerita memiliki pengaruh terhadap kemampuan anak berbahasa di kelompok B TK AL-Khairaat Boya Baliase Kecamatan Marawola.