Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Di Kelompok B TK Pembina Palu

Main Author: H. Lolo, Fadlina H.Rauf
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Bungamputi , 2014
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bungamputi/article/view/2362
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bungamputi/article/view/2362/1539
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh metode demonstrasi terhadap perkembangan motorik halus anak di Kelompok B1 TK Pembina Palu. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh metode demonstrasi terhadap perkembangan motorik halus anak di kelompok B1 TK Pembina Palu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase kemudian dinarasikan untuk mengambil kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara metode demonstrasi dengan perkembangan motorik halus anak di kelompok B1 TK Pembina Palu. Adapun perkembangan motorik halus anak dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain kurangnya sarana dan prasarana di sekolah, guru kurang kreatif dalam memilih metode pembelajaran, orang tua yang kurang perhatian terhadap tumbuh kembang anaknya dan faktor lain datang dari anak itu sendiri. Sangat jelas terlihat sebelum menggunakan metode demonstrasi ada 42,8% meningkat menjadi 57,1% untuk kategori baik, sedangkan kategori cukup dari 38,0% menjadi 33,3%, dan untuk kategori kurang sebelum menggunakan metode demonstrasi mendapat 19,0% kemudian berubah menjadi 9,5% dalam mewarnai gambar dengan rapi, kemampuan dalam menggunting sesuai pola, kemampuan melipat kertas atau kain, meronce dengan rapi dan benar, terampil membuat macam-macam bentuk garis serta menggambar dengan rapi dan benar. Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Perkembangan Motorik Halus Anak