PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELOMPOK B TK NURUL YAQIIN PALU
Main Authors: | Awalunisah, Sita, Usman, Siti Ramadhan |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Bungamputi
, 2022
|
Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bungamputi/article/view/19526 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bungamputi/article/view/19526/12934 |
Daftar Isi:
- Artikel ini mengkaji tentang perkembangan bahasa anak yang masih rendah. Upaya penulis mengatasi masalah tersebut dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap perkembangan bahasa anak di kelompok B TK Nurul Yaqiin Palu. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, jenisnya eksperimen. Subjeknya 15 anak, yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan, terdaftar tahun ajaran 2021/2022. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik (1) observasi (2) wawancara (3) dokumentasi, data dianalisis dengan teknik presentase. Data sebelum diberikan perlakuan pada menyebutkan kosa kata (13,33%) BSB, (26,67%) BSH, (26,67%) MB, dan (33,34%) BB. Aspek menjawab pertanyaan (13,33%) BSB, (20%) BSH, (33,34%) MB, dan (33,34%) BB. Aspek menceritakan kembali isi cerita (13,33%) BSB, (13,33%) BSH, (40%) MB, dan (33,34%) BB. Hasil pengamatan sesudah diberikan perlakuan pada aspek menyebutkan kosa kata (60%) BSB, (20%) BSH, (20%) MB, dan (0%) BB. Aspek menjawab pertanyaan terdapat (26,67%) BSB, (40%) BSH, (20%) MB, dan (13,33%) BB. Aspek menceritakan kembali isi cerita terdapat (46,67%) BSB, (26,67%) BSH, (20%) MB, dan (6,67%) BB, yang berarti terdapat pengaruh metode bercmain peran terhadap perkembangan bahasa anak di kelompok B TK Nurul Yaqiin Palu. Kata Kunci : Metode Bermain, Perkembangan Bahasa Anak