HUBUNGAN MANAJEMEN KELAS TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIOAL EMOSIONAL ANAK DI KELOMPOK B TK GRAHA KRIDA PKS UNGKAYA KECAMATAN WITA PONDA KABUPATEN MOROWALI

Main Authors: Shofyatun, Shofyatun, Ramadhan, Fatimah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Bungamputi , 2021
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bungamputi/article/view/18364
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bungamputi/article/view/18364/12609
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah Perkembangan Sosial Emosional anak yang belum berkembang sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan manajemen kelas terhadap perkembangan sosial emosional anak. Metode penelitian yang digunaka adalah metode pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian pesentase. Adapun subjek penelitian ini adalah anak di Kelompok B TK Graha Krida PKS Ungkaya Kecamatan Wita Ponda Kabupaten Morowali yang berjumlah 16 anak. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui obeservasi,wawancara, dan dokumentasi. Pengelolahan data dilakukan dengan teknik presentase. Hasil penelitian analisis deskriptif, terdapat hubungan manajemen kelas terhadap perkembangan sosial emosional anak, dilihat dari nilai rata-rata BSH anak pada 4 pendekatan manajemen kelas yang diterapakan di TK Graha Krida PKS Ungkaya yaitu : Rekapitulasi perkembangan Sosial Emosional Anak Dengan Pendekatan Ancaman berkembang sangat baik 20,83%, 39,59% katagori berkembang sesuai harapan, 39.58% katagori mulai berkembang. Rekapitulasi perkembangan Sosial Emosional Anak Dengan Pendekatan Kebebasan berkembang sangat baik 20,83%, 43,75% katagori berkembang sesuai harapan, 35.42% katagori mulai berkembang. Rekapitulasi perkembangan Sosial Emosional Anak Dengan Pendekatan Suasana Emosi dan Hubungan Sosial berkembang sangat baik 20,83%, 68,83% katagori berkembang sesuai harapan, 8.33% katagori mulai berkembang. Rekapitulasi perkembangan Sosial Emosional Anak Dengan Pendekatan Perubahan Tingkah Laku berkembang sangat baik 20,83%, 39,59% katagori berkembang sesuai harapan, 39.58% katagori mulai berkembang. kemudian dapat dilihat bahawa pendekatan yang memiliki presentasi BSH paling tinggi adalah Pendekatan Suasana Emosi dan Hubungan Sosial, serta yang paling rendah adalah Pendekatan Ancaman. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan manajemen kelas terhadap perkembangan sosial emosional anak.. Kata Kunci : Anak Usia Dini ;Media Gambar ; Kemampuan Kognitif Anak