PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK DI KELOMPOK B3 TK QURRATA A’YUN HIDAYATULLAH KELURAHAN TONDO KECAMATAN MANTIKULORE
Main Authors: | Annuar, Haerul, Arruan, Sterly Rosana |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Bungamputi
, 2020
|
Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bungamputi/article/view/17836 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bungamputi/article/view/17836/12396 |
Daftar Isi:
- Permasalahan utama pada penelitian ini adalah kecerdasan interpersonal anak yang masih dalam kategori rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengeruh metode bermain peran terhadap kecerdasan interpersonal anak. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif. Adapun subyek penelitian ini adalah seluruh anak di kelompok B3 yang berjumlah 13 orang anak, yang terdiri dari 4 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumntasi. Selanjutnya dianalisis secara kualitatif. Pengolahan data menggunakan teknik presentase. Hasil analisis data sebelum dan sesudah menggunakan metode bermain peran, aspek kerjasama kategori Sangat Tinggi (ST) dari 8% menjadi 23%, kategori Tinggi (T) dari 15% menjadi 54%, kategori Sedang (S) dari 31% berkurang menjadi 15%, dan kategori Rendah (R) dari 46% tersisa menjadi 8%. Untuk aspek sopan santun kategori ST dari 8% menjadi 23%, kategori T dari 15% menjadi 54%, kategori S dari 23% berkurang menjadi 15%, dan kategori R dari 52% tersisa menjadi 8%. Untuk aspek terahir yaitu aspek tolong menolong, kategori ST dari 15% menjadi 23%, kategori T dari 15% menjadi 46%, kategori S dari 26% berkurang menjadi 18%, dan kategori R dari 51% tersisa menjadi 8%. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode bermain peran terhadap kecerdasan interpersonal anak. Kata Kunci : Metode Bermain Peran, Kecerdasan Interpersonal