PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN ANAK MENGENAL KONSEP BILANGAN DI KELOMPOK B TK SATU ATAP SARJO KECAMATA SARJO KABUPATEN MAMUJU UTARA
Main Authors: | Suwika, I Putu, Masrifa, Masrifa |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Bungamputi
, 2020
|
Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bungamputi/article/view/17824 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bungamputi/article/view/17824/12390 |
Daftar Isi:
- Masalah dalam artikel ini kemampuan anak mengenal konsep bilangan yang belum berkembang sesuai harapan. Upaya mengatasi masalah tersebut sudah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar terhadap kemampuan anak mengenal konsep bilangan. Metode penelitian ini adalah kualitatif sedangkan jenisnya deskriptif, subyeknya seluruh anak kelompok B TK Satu Atap Sarjo Kecamatan Sarjo, Kabupaten Mamuju Utara. berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis dengan teknik presentase. Berdasarkan data hasil penelitian menunjukan sebelum diberikan perlakuan kemampuan menyebutkan bilangan 1-10 (10%) kategori BSB, (10%) kategori BSH, (10%) kategori MB, dan(70%) kategori BB, kemampuan menghubungkan gambar burung garuda dengan bilangan 1-10 (5%) kategori BSB, (5%) kategori BSH, (15%) kategori MB (75%) kategori BB, dan kemampuan mencocokkan lambang bilangan dengan banyaknya gambar (15%) kategori BSB, (15%) kategori BSH, (10%) kategori MB, dan (60%). Kategori BB. Setelah menggunakan media gambar peningkatan yang signifikan, kemampuan menyebutkan bilangan 1-10 terdapat (25%) kategori BSB, (4o%) kategori BSH, (20%) kategori MB, dan (15%) kategori BB, kemampuan menghubungkan gambar burung garuda dengan bilangan 1-10 (30%) kategori BSB, (40%) kategori BSH, (20%), kategori MB dan (10%) kategori BB, kemampuan mencocokkan lambang bilangan dengan banyaknya gambar (35%) kategori BSB, (45%) kategori BSH, (15%) kategori MB, dan (5%) BB. Disimpulkan bahwa ada pengaruh media gambar terhadap kemampuan anak mengenal konsep bilangan terbukti ada peningkatan kemampuan berbahasa kategori BSB 10%, BSH 10%, MB 10%. Kata Kunci: Media Gambar, Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan