PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA PELAWA
Main Authors: | Agusniatih, Andi, Aziza, Devi Nur Asmaul |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Bungamputi
, 2020
|
Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bungamputi/article/view/17823 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bungamputi/article/view/17823/12388 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bungamputi/article/view/17823/12389 |
Daftar Isi:
- Masalah utama dalam penelitian ini adalah motivasi belajar anak yang masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian penguatan terhadap motivasi belajar anak di Kelompok B TK Negeri Pembina Pelawa. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Kelompok B TK Negeri Pembina Pelawa. Subyek penelitian ini berjumlah 12 orang anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis data sebelum dan sesudah pemberian penguatan. Aspek rasa ingin tahu, kategori (ST) dari 16,7% menjadi 25%, kategori (T) dari 25% menjadi 50%, kategori (S) 25% berkurang menjadi 16,7% dan kategori (R) dari 33,3% tersisa menjadi 8,3%. Untuk aspek menyelesaikan tugas kategori (ST) dari 8,3% menjadi 25%, kategori (T) 16,7% menjadi 66,7%, kategori (S) 33,3% menjadi 8,3%, dan kategori (R) 41,7% menjadi 0%, sedangkan aspek antusias belajar anak kategori (ST) 8,3% menjadi 16,7%, kategori (T) dari 16,7% menjadi 58,3%, kategori (S) 25% menjadi 8,3% dan kategori (R) 50% menjadi 16,7%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian penguatan terhadap motivasi belajar anak di kelompok B TK Negeri Pembina Pelawa. Kata kunci : Pemberian Penguatan, Motivasi Belajar