UPAYA PENINGKATAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA MTS MIFTAHUSSALAM KARAWACI TANGERANG
Main Author: | M. Nasrullah |
---|---|
Format: | Pendidikan Agama Islam |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Agama Islam
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.asy-syukriyyah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=63 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, penelitian dilakukan mulai pada bulan Juli sampai dengan September 2020 yang bertempat di MTs Miftahussalam Karawaci Kota Tangerang. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, wakil kepala sekolah, waka. Kurikulum, guru dan siswa MTs Miftahussalam Karawaci Kota Tangerang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahapan selanjutnya analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi.Berdasarkan hasil penelitian tentang upaya peningkatan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa secara umum berada pada kategori baik. Pada prosesnya diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa lingkungan sekolah berhubungan secara positif terhadap hasil belajar siswa. Lingkungan sekolah yang positif yaitu lingkungan sekolah yang memberikan fasilitas dan motivasi untuk berlangsungnya pendidikan baik umum maupun agama, tugas sekolah sangat penting dalam menyiapkan anak untuk kehidupan masyarakatnya, sekolah juga sebagai produsen dan pemberi jasa yang sangat erat hubungannya dengan pembangunan. Pembangunan tidak mungkin berhasil dengan baik tanpa di dukungnya dengan manusia yang memiliki sumber daya yang berkualitas sebagai produk pendidikan. Karena itu sekolah perlu dirancang dengan baik.Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa, guru, dan kepala sekolah. Saran yang diajukan ialah hendaknya lingkungan sekolah diciptakan secara aman dan nyaman agar hasil belajar siswa menjadi optimal.
- 141 hlm.; 21 Cm X 30 Cm