Pengaruh Penerapan Bimbingaan Kelompok Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPA Siswa kelas V SDN Kangenan 1 Pamekasan

Main Author: Hasanah, Ulfatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://etheses.iainmadura.ac.id/591/1/a%29%20Ulfatul%20Hasanah%20_%2020160701050104_Cover_PGMI.pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/591/2/c%29%20Ulfatul%20Hasanah%20_%2020160701050104_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/591/3/d%29%20Ulfatul%20Hasanah%20_%2020160701050104_Lembar%20Pengesahan_PGMI.pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/591/4/e%29%20Ulfatul%20Hasanah%20_%2020160701050104_Abstrak_PGMI.pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/591/5/f%29%20Ulfatul%20Hasanah%20_%2020160701050104_Daftar_Isi_PGMI.pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/591/6/g%29%20Ulfatul%20Hasanah%20_%2020160701050104_BAB%20I_PGMI.pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/591/7/h%29%20Ulfatul%20Hasanah%20_%2020160701050104_BAB%20II_PGMI.pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/591/8/i%29%20Ulfatul%20Hasanah%20_%2020160701050104_BAB%20III_PGMI.pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/591/9/j%29%20Ulfatul%20Hasanah%20_%2020160701050104_BAB%20IV_PGMI.pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/591/10/k%29%20Ulfatul%20Hasanah%20_%2020160701050104_BAB%20V_PGMI.pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/591/11/l%29%20Ulfatul%20Hasanah%20_%2020160701050104_Daftar%20Pustaka_PGMI.pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/591/12/b%29%20Ulfatul%20Hasanah%20_%2020160701050104_Surat_Pernyataan%20Keaslian_PGMI.pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/591/
Daftar Isi:
  • Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPA Bimbingan kelompok merupakan layanan bimbingan yang diberikan dalam suasana kelompok. Bimbingan kelompok di sekolah merupakan kegiatan informasi kepada sekelompok siswa untuk membantu mereka menyususn rencana dan keputusan yang tepat. Pada penelitian ini memfokuskan pada suatu permasalahan, yaitu adakah pengaruh bimbingan kelompok terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN Kangenan 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasi. Instrument data diperoleh melalui angket, observasi dan dokumentasi, serta analisis datanya menggunakan statistic korelasi product moment yang bertujuan untuk mengetahui korelasi antara variabel X dan variabel Y. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: tidak ada pengaruh penerapan bimbingan kelompok terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN Kangenan I. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis dengan teknik product moment bahwa nilai ”r” kerja (0,05) lebih kecil dari “r” tabel baik dari paraf signitifikan 5% (0,367) maupun taraf signitifikan 1% ( 0,470), berdasarkan ketentuan jika ”r” kerja lebih kecil dari tabel, maka tidak ada korelasi signitifikan antara bimbingan kelompok terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPA. Berdasarkan hasil interpretasi nilai “r” di atas dapat diketahui bahwa nilai “r” hitung sebesar 0,05 berada pada rentangan angka antara 0,000 sampai dengan 0,200 dengan interpretasi tidak berkorelasi antara penerapan bimbingan kelompok terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPA.