Peran Guru BK dalam mengembangkan kecerdasan Spiritual dan Emosional Siswa di MTs Nasyrul Ulum Bagandan Pamekasan

Main Author: Firdaus, Ibnu Rahman
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://etheses.iainmadura.ac.id/523/1/Ibnu%20Rahman%20Firdaus_20160701090057_cover_BKPI.pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/523/2/Ibnu%20Rahman%20Firdaus_20160701090057_halaman%20persetujuan_BKPI.pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/523/3/Ibnu%20Rahman%20Firdaus_20160701090057_halaman%20pengesahan_BKPI.pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/523/4/Ibnu%20Rahman%20Firdaus_20160701090057_abstrak_BKPI.pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/523/5/Ibnu%20Rahman%20Firdaus_20160701090057_daftar%20isi_BKPI.pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/523/6/Ibnu%20Rahman%20Firdaus_20160701090057_bab%201_BKPI.pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/523/7/Ibnu%20Rahman%20Firdaus_20160701090057_bab%202_BKPI.pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/523/8/Ibnu%20Rahman%20Firdaus_20160701090057_bab%203_BKPI.pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/523/9/Ibnu%20Rahman%20Firdaus_20160701090057_bab%204_BKPI.pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/523/10/Ibnu%20Rahman%20Firdaus_20160701090057_bab%205_BKPI.pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/523/11/Ibnu%20Rahman%20Firdaus_20160701090057_daftar%20rujukan_BKPI.pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/523/12/Ibnu%20Rahman%20Firdaus_20160701090057_pernyataan%20keaslian%20tulisan_BKPI.pdf%20%282%29.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/523/
Daftar Isi:
  • Kata kunci: Guru BK, kecerdasan Spiritual dan Emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Guru BK dalam mengembangkan kecerdasan Spiritual dan Emosional Siswa di MTs Nasyrul Ulum Bagandan Pamekasan sebagai lokasi penelitian. Ada tiga Fokus yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu : 1) Bagaimana Peran Guru BK dalam mengembangkan kecerdasan Spiritual dan Emosional Siswa di MTs Nasyrul Ulum Bagandan Pamekasan ? : 2) bagaimana strategi Guru BK dalam mengembangkan kecerdasan Spiritual dan Emosional Siswa di MTs Nasyrul Ulum Bagandan pamekasan ? : 3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat kecerdasan Spiritual dan Emosional Siswa di MTs Nasyrul Ulum Bagandan Pamekasan ?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dalam bentuk Deskriptif Analysis. Untuk memperoleh data, maka di gunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu wawancara, semi tersetruktur, observasi non partisipasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, dilakukan beberapa upaya meliputi reduksi data (data reduction) paparan data (data display), dan penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/verifying), selanjutnya, demi menjamin validitas dan keabsahan data yang diperoleh, maka di lakukan teknik trianggulasi yang meliputi teknik trianggulasi sumber dan teknik trianggulasi teori. Berdasarkan analisis yang dilakukan, hasil penelitian tentang Peran Guru BK dalam mengembangkan kecerdasan Spiritual dan Emosional Siswa di MTs Nasyrul Ulum Bagandan Pamekasan adalah : 1) memberikan layanan individu, 2) layanan Bimbingan Kelompok . 3) Layanan Konsultasi. 4) Bimbin gan Klasikal. Adapun strategi Guru BK dalam pelaksanaan bimbingan konseling bagi anak yang minim dalam kecerdasan spiritual dan emosionalnya adalah : 1) bekerjasama dengan wali kelas, Guru, dan Siswa; 2) adanya bimbingan kelompok yang berbentuk diskusi. 3) memberikan aktivitas keagamaan 4) kegiatan ubudiyah 5) aktivitas sosial masyarakat. Sedangkan faktor pendukung dan penghambat Peran Guru BK dalam mengembangkan kecerdasan Spiritual dan Emosional Siswa di MTs Nasyrul Ulum Bagandan Pamekasan adalah : 1) faktor pendukung, yaitu : a) dukungan dari pihak sekolah, dalam hal ini kepala Sekolah, Wali Kelas, Guru dan Siswa. b). Dukungan sarana dan prasarana yang memadai. 2). faktor penghambat, yaitu : a). Siswa cenderung tertutup/introvert; b). Malas belajar; c). T idur di kelas; d). Kurangnya motivasi dari Orang Tua.