KompetensiProfesionalGuruMataPelajaranAqidah AkhlakdiMadrasahAliyahMiftahulUlum BulanganTimurPegantenan Pamekasan,Skripsi,Program StudiPendidikanAgamaIslam,Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura
Daftar Isi:
- Kata Kunci:KompetensiProfesionalGuru,Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Penelitian inidilatarbelakangioleh fenomena yang terjadidi Madrasah Aliyah Bulangan TimurPegantenan iniberada dibawah naungan pesantren dan mayoritasguru disana merupakan alumni pondokpesantrenyangmemilikiakhlakyangbaik.DandilembagaMA Bulangan Timurpegantenan ini,guru Aqidah Akhlakmenjadiguru panutandanmenjadigurukepercayaanpesantrenketikaadatugas dariyayasan.GuruAqidahAkhlakdenganwawasankeagamaannya lebihdianggapmampudanberkompetenmembimbingsiswamenjadi anakyangsholeh.Namun,selainituguruAqidahAkhlak jugaharus mampumembimbingdanmempumyaikompetensiprofessionalsesuai bidangyangditekuninya. Adaduafokuspenelitianyangmenjadikajianutamapenelitianini, yaitu: Pertama Bagaimana Kompetensi Profesional Guru Mata PelajaranAqidahAkhlakdiMadrasahAliyahMiftahulUlum SekarAnom BulanganTimurPegantenanPamekasanKedua,Apasajaupayayang dilakukansekolahdalam meningkatkankompetensiprofessionalguru matapelajaranakidahahklakdiMadrasahAliyahMiftahulUlum Sekar Anom BulanganTimurPegantenanPamekasan Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatifdanjenispenelitiannya adalahdeskriptif.Pengumpulandatadilakukandenganwawancara, observasidandokumentasi.AnalisisdatadenganmelakukanReduksi Data,PenyajianDatadanPenarikanKesimpulan/Verifikasi.Datayang diperolehdicekkeabsahandatanyadenganketekunanpengamatan. perpanjangankeikutsertaandantrianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Kompetensi ProfesionalGuruMataPelajaranAqidahAkhlakdiMadrasahAliyah MiftahulUlum SekarAnom,diantaranyayaitu:a).GuruAqidahAkhlakdi MadrasahAliyahMiftahulUlum SekarAnom mampumenguasaimateri pelajaran yang akan disampaikannya b).Guru Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah MiftahulUlum Sekar Anom mampu membuat perangkat pembelajaran seperti membuat rencana pelaksaan pembelajaranc).GuruAqidahAkhlakdiMadrasahAliyahMiftahulUlum SekarAnom mampumenggunakanmetodepembelajaranyangvariatif d).GuruAqidahAkhlakdiMadrasahAliyahMiftahulUlum SekarAnom mampumengevaluasiataumembimbingsiswasiswaagarmemahami danmengetahuimateripelajaranyangdisampaikannya.Kedua,Upaya SekolahDalam MeningkatkanProfessionalGuruMataPelajaranAkidah AhklakdiMadrasahAliyahMiftahulUlum SekarAnom BulanganTimur PegantenanPamekasan,diantaranyayaitu:a).Sekolahmengadakan rapatatau pembinaan kepada semua guru demimeningkatkan profesionalgurudimadrasahaliyahmiftahululum sekaranom b). Sekolah sudah melengkapisemua fasilitasyang berkaitan dengan prosespembelajaranagarbisamenunjangprofessionalguruaqidah akhlak dimadrasah aliyah miftahululum sekaranom c).Sekolah mendelegasikangurukhusunyaguruakidahakhlakuntukikutberbagai macam pelatihanyangdiselenggarakanolehlembagapendidikandemi meningkatkan professionalguru aqidah akhlakdimadrasah aliyah miftahululumsekaranom