Strategi Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa di Mts Negeri 3 Pamekasan
Daftar Isi:
- Kata Kunci :Strategi Kepala Madrasah, Motivasi Belajar Siswa Pendidikan merupakan rangkaian kegiatan komunikasi antar manusia yang dilaksanakan dalam bentuk proses belajar mengajar. Dalam proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat memahami suatu pengetahuan untuk pengembangan ide dan gagasan dalam menyelesaikan permasalahan hidupnya. Pendidikan juga merupakan salah satu hal terpenting dalam kehidupan, ini berarti bahwa setiap manusia berhak mendapat dan berharap untuk selalu berkembang dalam pendidikan. Peningkatan kualitas pendidikan baik secara kualitatif maupun kuantitatif harus dilakukan secara terus menerus, sehingga pendidikan dapat digunakan sebagai wahana dalam membangun watak bangsa dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Pendidikan sangat berpengaruh dalam dalam diri peserta didik untuk mengembangkan potensi yang dimiliki sehingga orang tua berkewajiban untuk menyekolahkan anaknya hingga jenjang yang lebih tinggi. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalah, yaitu Bagaimana strategi kepala madrasah dalam mengembangkan motivasi belajar siswa di MTs Negeri 3 Pamekasan, 2. Apa faktor pendukung dan penghambat motivasi belajar siswa di MTs Negeri 3 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, karena di dalam penelitian ini lebih menekankan kepada makna, gambaran, keadaan dan proses daripada hasil dari suatu aktivitas. Adapun untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan beberapa prosedur antara lain wawancara. Wawancara dilakukan secara langsung (face to face) maupun menggunakan pesawat telepon. Sedangkan dokumentasi berupa data tentang profil MTs Negeri 3 Pamekasan, sarana prasarana, keadaan siswa, guru, dan karyawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bentuk strategi yang telah direncanakan dan dilaksanakan kepala madrasah membawa hasil seperti Motivasi siswa untuk mengikuti bimbingan belajar semakin tinggi, Perkembangan siswa yang menjadi aktif di dalam kelas, Motivasi belajar siswa semakin tinggi, Hasil dari nilai siswa meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.