Peranan Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Maladjustment Kelas XI Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pamekasan
Daftar Isi:
- Kata Kunci : Peranan Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Maladjustment Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini adalah Pertama, Bagaimana bentuk- bentuk masalah penyesuaian diri yang salah (Maladjustment) pada siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 2 pamekasan. Kedua, Bagaimana peranan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi penyesuaian diri yang salah (Maladjustment) pada siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 2 pamekasan. Ketiga, Bagaimana metode guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi penyesuaian diri yang salah (Maladjustment) pada siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 2 pamekasan. Tujuan dari pokok permasalahan diatas ini adalah Pertama, bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk masalah penyesuaian diri yang salah (Maladjustment) pada siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pamekasan. Kedua, untuk mengetahui peranan guru bimbingan dan dalam mengatasi penyesuaian diri yang salah (Maladjustment) pada siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pamekasan. Ketiga, untuk mengetahui metode guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi penyesuain diri yang salah (Maladjustment) pada siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pamekasan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah siswa, guru BK, kepala Madrasah dan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan pertama, Bentuk-bentuk masalah penyesuaian diri yang salah (Maladjustment) pada siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pamekasan yaitu seperti, kurang percaya diri, gugup saat tampil dikelas, adanya siswa yang sering terlambat, bolos, berselisih dengan temannya, emosi yang berlebihan, melawan guru, mencontek pada saat ujian, ramai di dalam kelas, mengotori halaman madrasah. Kedua, Peranan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi penyesuaian diri yang salah (Maladjustment) pada siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pamekasan yaitu, guru BK mempunyai waktu dalam mengatasi Maladjustment, guru BK mengetahui bentuk-bentuk Maladjustment, guru BK mengatasi Maladjustment, guru BK mempunyai metode dalam mengatasi Maladjustment, guru BK mempunyai program bimbingan dalam mengatasi Maladjustment, guru BK mengetahui penyebab Maladjustment, guru BK menjalin kerjasama dengan orang tua siswa. Ketiga, Metode guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi Maladjustment pada siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pamekasan dengan menggunakan metode pendekatan Eksitensial-Humanistis, Client Centered, Behaviosistik (tingkah laku), pendekatan Traint& Factor, dan pendekatan Eklektik.