Implementasi strategi marketing pada produk tabungan tarbiyah di BMT UGT Sidogiri capem Pegantenan Pamekasan
Daftar Isi:
- Kata Kunci: Strategi marketing, tabungan tarbiyah, BMT. BMT UGT Sidogiri capem Pegantenan Pamekasan menerapkan berbagai macam produk penghimpun dana yang salah satunya adalah produk tabungan tarbiyah. Dengan adanya produk tabungan tarbiyah tersebut, maka diperlukan sebuah cara agar bisa lebih berproduktif guna pendidikan masyarakat, salah satunya dengan cara strategi marketing. Akan tetapi dengan tingkat persaingan yang ketat antar koperasi, hal ini membutuhkan upaya atau langkah yang berbeda dalam memikat hati masyarakat. Oleh karena itu, ada tiga hal yang menjadi fokus permasalahan dalam penelitian ini, yaitu:Pertama,apa saja strategi marketing pada produk tabungan tarbiyah di BMT UGT Sidogiri capem Pegantenan Pamekasan. Kedua, Bagaimana efektivitas strategi marketing di BMT UGT Sidogiri capem Pegantenan Pamekasan. Ketiga, Apa saja analisis SWOT pada produk tabungan tarbiyah di BMT UGT Sidogiri capem Pegantenan Pamekasan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, Data yang diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi dan wawancara dengan pihak BMT UGT Sidogiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama,Strategi marketingyang dilakukan adalah dengan menggunakan elemen segmenting, targeting dan positioning.Segmenting dilakukan dengan cara memilah-milah pasar terlebih dahulu, targeting dengan cara tidak hanya memfokuskan pada satu pasar saja tapi untuk beberapa wilayah yang bisa dijangkau, dan positioning dengan cara mengatasnamakan koperasi syariah yang berdasarkan hukum-hukum Islam.Kedua, Efektivitasdari strategi marketing segmenting, targeting dan positioning sangat baik, dengan bersosialisasi langsung, serta antar jemput bagi yang menabung, sehingga dapat mempertahankan eksistensi efektifitas jumlah tabungan anggota.