Model Administrasi Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis CAT (Computer Assisted Test) di MTs Negeri 3 Pamekasan

Main Author: Jannah, Khoirul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://etheses.iainmadura.ac.id/138/1/a%29%20Khoirul%20Jannah_%2020160701040099_%20Cover_MPI.%20pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/138/2/c%29%20Khoirul%20Jannah_%2020160701040099_%20Lembaran%20Persetujuan_MPI.%20pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/138/3/e%29%20Khoirul%20Jannah_%2020160701040099_%20Abstrak_MPI.%20pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/138/4/f%29%20Khoirul%20Jannah_%2020160701040099_%20Daftar%20Isi_MPI.%20pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/138/5/g%29%20Khoirul%20Jannah_%2020160701040099_%20BAB%20I_MPI.%20pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/138/6/h%29%20Khoirul%20Jannah_%2020160701040099_%20BAB%20II_MPI.%20pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/138/7/i%29%20Khoirul%20Jannah_%2020160701040099_%20BAB%20III_MPI.%20pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/138/8/j%29%20Khoirul%20Jannah_%2020160701040099_%20BAB%20IV_MPI.%20pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/138/9/k%29%20Khoirul%20Jannah_%2020160701040099_%20BAB%20V_MPI.%20pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/138/10/l%29%20Khoirul%20Jannah_%2020160701040099_%20Daftar%20Pustaka_MPI.%20pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/138/11/b%29%20Khoirul%20Jannah_%2020160701040099_%20Keaslian%20Tulisan_MPI.%20pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/138/
Daftar Isi:
  • Administrasi merupakan kegiatan melayani, membantu, mengarahkan dari seluruh aktivitas-aktivitas baik pendidikan secara efisien. Administrasi yang baik akan mampu menciptakan pelayan yang baik termasuk dalam proses administrasi penerimaan peserta didik baru. Untuk memudahkan proses administrasi penerimaan peserta didik baru kepala madrasah dan waka madrasah berserta warga madrasah yang lain mengembangkan model administrasi dengan cara menggunakan model adminsitrasi CAT (Computer Assisted Test). Berdasarkan hal tersebut, maka ada empat permasalah yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: pertama, bagaimana perencanaan model administrasi penerimaan peserta didik baru berbasis CAT (Computer Assisted Test) di MTs Negeri 3 Pamekasan; kedua, bagaimaan implementasi model administrasi penerimaan peserta didik baru berbasis CAT (Computer Assisted Test) di MTs Negeri 3 Pamekasan; ketiga, bagaimana hasil dari pelaksanaan model administrasi penerimaan peserta didik baru berbasis CAT (Computer Assisted Test) di MTs Negeri 3 Pamekasa; keempat, apa saja factor yang mempengaruhi model administrasi penerimaan peserta didik baru berbasis CAT (Computer Assisted Test) di MTs Negeri 3 pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Jenis wawancara yang digunakan adalah wawancara open-ended dan terstruktur, sedangkan jenis observasi yang digunakan adalah observasi partisipan. Informannya adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, perencanaan dari model administrasi penerimaan peserta peserta didik baru berbasis CAT (Computer Assisted Test) di MTs Negeri 3 pamekasan adalah dengan mengadakan rapat tim kepantiaan. Kedua, Implementasi model administrasi penerimaan peserta didik baru berbasis CAT (Computer Assisted Test) di MTs Negeri 3 Pamekasan adalah diadakan briefing/ pembinaan terlebih dahulu sebelum masuk kedalam pelaksanaan tes berbasis CAT (Computer Assisted Test). Ketiga, hasil dari pelaksaan model administrasi penerimaan peserta didik baru berbasis CAT (Computer Assisted Test) adalah efektif dan efisien. Keempat, faktor yang mempengaruhi model administrasi penerimaan peserta didik baru berbasis CAT (Computer Assisted Test) di MTs Negeri 3 Pamekasan yaitu faktor pendukung dan penghambat serta solusi yang digunakan untuk terlaksananya model admnisitrasi penerimaan peserta didik baru berbasis CAT (Computer Assisted Test).