PELAKSANAAN LAYANAN INFORMASI TERHADAP PERKEMBANGAN SIKAP SOSIAL SISWA DI MTsN 1 PAMEKASAN
Main Author: | Zubaidah, Zubaidah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etheses.iainmadura.ac.id/1268/1/zubaida%20skripsi-dikonversi.pdf http://etheses.iainmadura.ac.id/1268/ |
Daftar Isi:
- Kata kunci:Layanan Informasi, Perkembangan Sikap Sosial. Seseorang harus memiliki sikap yang bertoleransi dengan baik sehingga Sikap sosial harus dimiliki oleh setiap seseorang atau individu sehingga siswa tersebut bisa berkembang dengan baik melalui pamflet ataupun masuk kelas demi masa depan yang lebih baik. Berdasarkan hal tersebut, maka ada 3 fokus penelitian yang menjadi pokok penelitian ini, yaitu :Pertama, Bagaimana perkembangan sikap sosial siswa di MTsN 1 Pamekasan. Kedua, Bagaimana pelaksanaan layanan informasi terhadap perkembangan sikap sosial di MTsN Pamekasan. Ketiga, Apa saja manfaat layanan informasi terhadap perkembangan sikap sosial siswa di MTsN 1 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis diskriptif. Sumber data yang di peroleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Kemudian data tersebut di analisi dengan analisi data melalui 1. reduksi data meliputi checking (pengecekan), editing data ( pengeditan data ),codding (pemberiankode ), 2. display data ( penyajian data) 3. Penarikan kesimpulan (verification). Kemudian seluruh data di cek keabsahaannya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat dan juga triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pertama, dengan adanya layanan informasi menghasilkan perkembangan sikap sosial siswa semakin kuat diantaranya dalam kerja kelompok, saling tolong menolong dan akhlak siswa yang menghormati gurunya dengan bersalaman ke guru saat siswa sampai ke sekolah. Kedua, layanan informasi yang diberikan kepada siswa melalui pamflet yang ditempelkan di papan informasi sekolah dan guru8 memberikan informasi secara langsung kepada siswa tentang pentingnya perkembangan sikap sosial. Siswa sebagai peserta dalam pelaksanaan perkembangan sikap sosial bertugas melaksanakan, mendengarkan, dan melihat pamflet di papan informasi. Ketiga, manfaat layanan informasi bagi siswa yaitu siswa dapat menghargai teman dan menghormati guru seperti ketika ada teman yang sakit langsung dibawa ke ruang uks dan meningkatnya motivasi untuk melakukan salaman sebelum masuk sekolah serta meningkatnya kerja sama antar siswa terhadap tugas kelompok ataupun tugas individu yang tidak bisa difahami.