Pengaruh Marketing Syariah Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Keuangan Syariah di Unit Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Koperasi Sumber Anyar (USPPS KSA) Pamekasan

Main Author: Elli, Sukmaningrum
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://etheses.iainmadura.ac.id/1169/1/Elli%20Sukmaningrum_20160703020057_Cover_PBS.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1169/2/Elli%20Sukmaningrum_20160703020057_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PBS.pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1169/3/Elli%20Sukmaningrum_20160703020057_Lembar_Pengesahan_PBS.pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1169/4/Elli%20Sukmaningrum_20160703020057_Abstrak_PBS.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1169/5/Elli%20Sukmaningrum_20160703020057_Daftar_Isi_PBS.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1169/6/Elli%20Sukmaningrum_20160703020057_BAB%20I_PBS.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1169/7/Elli%20Sukmaningrum_20160703020057_BAB%20II_PBS.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1169/8/Elli%20Sukmaningrum_20160703020057_BAB%20III_PBS.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1169/9/Elli%20Sukmaningrum_20160703020057_BAB%20IV_PBS.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1169/10/Elli%20Sukmaningrum_20160703020057_BAB%20V_PBS.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1169/11/Elli%20Sukmaningrum_20160703020057_Daftar_Pustaka_PBS.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1169/12/Elli%20Sukmaningrum_20160703020057_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_PBS.pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1169/
Daftar Isi:
  • Kata Kunci: Marketing Syariah, Keputusan Menggunakan Jasa Keuangan Syariah Pemasaran memiliki peran pokok dalam peta bisnis suatu perusahaan . Baik perusahaan berskala nasional ataupun internasional membutuhkan seorang marketer andal untuk memasarkan produk atau jasa. Kesuksesan suatu produk diterima oleh target pasar tidak hanya ditentukan oleh murahnya harga atau kualitas yang ditawarkan, tetapi ditentukan juga oleh strategi pemasaran yang dilakukan. Marketing syariah merupakan sebuah solusi dalam menghadapi praktek pemasaran konvensional yang kurang menjunjung tinggi nilai-nilai moralitas serta hak dan kewajiban konsumen kurang dihargai dalam transaksi jual beli.Posisi marketer sangat berperan penting dalam marketing syariah karena marketer menjadi connected antara konsumen dan produsen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis bagaimana pengaruh Marketing Syariah keputusan menggunakan jasa keuangan syariah di Unit Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Koperasi Sumber Anyar (USPPS KSA) Pamekasan. Variabel penelitian ini meliputi Teistis (X1), Etis (X2), Realistis (X3) dan Humanistis (X4), sebagai variabel-variabel yang mempengaruhi dan Keputusan menggunakan jasa keuangan syariah (Y) sebagai variabel yang dipengaruhi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 87 responden dengan purpossive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil uji t diperoleh Teistis/Rabbaniyah (X1) diperoleh thitung sebesar 2,413 > ttabel 1,662 taraf sig 0,018 secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa keuangan syariah. Etis/Akhlaqiyyah (X2) diperoleh thitung sebesar 0,911 < ttabel 1,662 taraf sig 0,365 secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa keuangan syariah. Realistis/Al-waqiiyah (X3) diperoleh thitung sebesar -0,322 < ttabel 1,724 taraf sig 0,748 secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa keuangan syariah. Humanistis/Insaniyah (X4) diperoleh thitung sebesar 2,717 > ttabel 1,662 taraf sig 0,008 secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa keuangan syariah di Unit Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Koperasi Sumber Anyar (USPPS KSA) Pamekasan. Artinya 60,8% keputusan nasabah menggunakan jasa keuangan syariah dijelaskan oleh variasi variabel independen (Teistis/Rabbaniyah (X1), Etis/Akhlaqiyyah (X2), Realistis/Al-waqiiyah (X3), dan Humanistis/Insaniyah (X4)).