Upaya Pondok Pesantren Dalam Memotivasi Minat Belajar Santri Di Pondok Pesantren Annuqayah Wilayah Latee Guluk-Guluk Sumenep

Main Author: Ainurrasyid, Farhan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://etheses.iainmadura.ac.id/1159/1/FARHAN%20AINURRASYID_20160701010048_COVER_PAI.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1159/2/FARHAN%20AINURRASYID_20160701010048_LEMBAR%20PERSETUJUAN%20PEMBIMBING_PAI.pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1159/3/FARHAN%20AINURRASYID_20160701010048_LEMBAR%20PENGESAHAN_PAI.pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1159/4/FARHAN%20AINURRASYID_20160701010048_ABSTRAK_PAI.pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1159/5/FARHAN%20AINURRASYID_20160701010048_DAFTAR%20ISI_PAI.pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1159/6/FARHAN%20AINURRASYID_20160701010048_BAB%20I_PAI.pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1159/7/FARHAN%20AINURRASYID_20160701010048_BAB%20II_PAI.pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1159/8/FARHAN%20AINURRASYIS_20160701010048_BAB%20III_PAI.pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1159/9/FARHAN%20AINURRASYIS_20160701010048_BAB%20IV_PAI.pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1159/10/FARHAN%20AINURRASYIS_20160701010048_BAB%20V_PAI.pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1159/11/FARHAN%20AINURRASYIS_20160701010048_DAFTAR%20PUSTAKA_PAI.pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1159/12/FARHAN%20AINURRASYID_20160701010048_SURAT%20PERNYATAAN%20KEASLIAN%20TULISAN_PAI.pdf.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1159/
Daftar Isi:
  • Upaya merupakan usaha ataupun ikhtiar untuk memecahkan suatu persoalan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Suatu upaya dalam konteks pendidikan mengarah kepada hal yang lebih spesifik, yakni perencanaan yang berisi serangkaian kegiatan untuk mencapai tujuan pendidikan. Untuk meningkatkan motivasi minat belajar dibutuhkannya iktiar atau upaya yang maksimal agar tujuan yang di inginkan tercapai. Dalam hal ini, tentu dibutuhkannya upaya untuk meningkatkan motivasi minat belajar santri di pondok pesantren Annuqayah wilayah Latee Guluk-Guluk Sumenep. Berdasarkan hal tersebut, maka fokus penelitian ini, yaitu : pertama, strategi pondok pesantren dalam meningkatkan motivasi minat belajar santri; kedua, faktor penghambat pondok pesantren dalam meningkatkan motivasi minat belajar santri; ketiga, faktor pendukung pondok pesantren dalam meningkatkan motivasi minat belajar santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ialah pondok pesantren Annuqayah wilayah Latee GulukGuluk Sumenep. Penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber datanya adalah ketua pengurus, ustadz, santri dan wali santri. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi yang memanfaatkan penggunaan sumber dan metode. Adapaun tahap penelitian ini adalah tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data dan penyusunan laporan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, srategi pondok pesantren dalam meningkatkan motivasi minat belajar santri di pondok pesantren Annuqayah wilayah Latee Guluk-Guluk Sumenep berupa a) memberikan bimbingan personal dan kolektif, b) memberikan sanksi, c) menumbuhkan minat belajar dengan metode mengajar yang bervariasi, d) memberikan tugas, e) pemberian reward. Kedua, faktor penghambat pondok pesantren dalam meningkatkan motivasi minat belajar santri di pondok pesantren Annuqayah wilayah Latee Guluk-Guluk Sumenep ialah: a) berbedanya kemampuan dan minat belajar santri, b) guru yang kurang kreatif dalam mengolah kelas, c) kurangnya minat belajar. Ketiga, faktor pendukung pondok pesantren dalam meningkatkan motivasi minat belajar santri di pondok pesantren Annuqayah wilayah Latee Guluk-Guluk Sumenep yaitu: a) adanya kerja sama yang baik antar guru, b) santri dan pengurus dalam satu kompleks, c) adanya motivasi dari orang tua.