MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAFSIR SAINS PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS DI KELAS IPA MAMBAUL ULUM BATA-BATA PANAAN PALENGAAN PEMEKASAN

Main Author: Najibul, Fawaid
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etheses.iainmadura.ac.id/1146/1/a%29%20Najibul%20Fawaid_20160721074_Cover-PAI.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1146/2/b%29%20Najibul%20Fawaid_20160721074_Surat_Pernyataan_Keaslian_dan_Persetujuan%20Publikasi_PAI.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1146/3/c%29%20Najibul%20Fawaid_20160721074_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PAI.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1146/4/d%29Najibul%20fawaid_20160721074_%20lembar%20pengesahan_PAI.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1146/5/e%29%20Najibul%20Fawaid_20160721074_Abstrak_PAI.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1146/6/f%29%20Najibul%20Fawaid_20160721074_DAFTAR-ISI_PAI.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1146/7/g%29%20Najibul%20Fawaid_20160721074_BAB%20I_PAI.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1146/8/h%29%20Najibul%20Fawaid_20160721074_BAB%20II_PAI.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1146/9/i%29%20Najibul%20Fawaid_20160721074_BAB%20III_PAI.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1146/10/j%29%20Najibul%20Fawaid_20160721074_BAB%20IV_PAI.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1146/11/k%29%20Najibul%20Fawaid_20160721074_BAB%20V_PAI.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1146/12/l%29%20Najibul%20Fawaid_20160721074_BAB%20VI_PAI.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1146/13/m%29%20Najibul%20Fawaid_20160721074_Daftar_Pustaka_PAI.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1146/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Najibul Fawaid, 2020, Manajemen Pembelajaran Tafsir Sains Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits Di Kelas IPA Mambaul Ulum Bata-Bata, Tesis, Program Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana IAIN Madura, Pembimbing: Dr. H. Zainuddin Syarif, M.Ag. dan Dr. H. Moh. Zahid M.Ag. Katakunci: manajemen, pembelajaran, tafsir sains Perkembangan ilmu pengetahuan yang begitu pesat sering kali membuat manusia cendrung mendewakan akal pikirannya. Hal tersebut karena dipengarhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan yang notabenenya dikuasi oleh barat yang bersifat rasionalitas akal pikiran. Sehingga perpaduan antara ilmu pengetahuan dan hukum Islam perlu untuk dilakukan terlebih dibidang sains. Maka perlu untuk mengkolaborasikan antara tafsir dengan sains. Dengan demikian pembelajaran dan kajian tentang tafsir sains sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan. Maka dari itu, dibuhkan suatu manajemen pembelajaran tafsir sains untuk menciptakan pembelajaran yang afektif dan efisien. Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran tafsir sains di kelas IPA MA Mambaul Ulum Bata-Bata Panaan Palengaan Pamekasan? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tafsir sains di kelas IPA MA Mambaul Ulum Bata-Bata Panaan Palengaan Pamekasan? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran tafsir sains di kelas IPA MA Mambaul Ulum Bata-Bata Panaan Palengaan Pamekasan? Sedangkan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Lokasi penelitian di MA Mambaul Ulum Bata-Bata Panaan Palengaan Pamekasan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipan, wawancara tak terstruktur dan dokumentasi terhadap jumlah sumber-sumber terkait. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi, penyajian dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran tafsir sains di kelas IPA MA Mambaul Ulum Bata-Bata terdiri dari: perumusan tujuan pembelajaran, penentuan materi tafsir sains, menentukan metode dan media yang akan digunakan dalam pelaksanaan pembelajar yang semuanya dikemas dalam bentuk RPP dan silabus; (2) Pelaksanaan pembelajaran tafsir sains di kelas IPA MA Mambaul Ulum Bata-Bata yaitu mengacu pada RPP. Metode yang digunakan guru berupa ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan. Media yang digunakan yakni media video; (3) Evaluasi pembelajaran tafsir sains di kelas IPA MA Mambaul Ulum Bata-Bata berbentuk tes yakni tes tulis dan tes lisan. Tes tulis berupa ulangan harian, ulangan tengan semester, ulangan semester, ulangan atau tugas remedi. Tes lisan berupa hafalan ayat-ayat tafsir sains. Berdasarkan uraian diatas, MA Mambaul Ulum Bata-Bata dalam mengelola pembelajaran tafsir sains sudah cukup baik, pembelajaran dikemas dan dilaksanakan secara sistemais dengan perencanaan yang cukup matang, dan didukung dengan ketersedian sarana dan prasarana seperti media audio visual dan buku-buku tafsir di perpustakaan sekolah, sehingga pembelajaran tafsir sains bisa terlaksana dengan baik. Walaupun demikian, pihak sekolah harus tetap meningkatkan kualitas sumber daya pendudukung serta meningkatkan kompetensi guru untuk mencetak siswa yang mampu bersaing di tengah perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin pesat.