Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Program Ektsra Tahfidz Juz Amma di MI An-Najah I Karduluk Pragaan Sumenep

Main Author: Uais, Abdul Karim
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://etheses.iainmadura.ac.id/1129/1/ABDUL%20KARIM%20UAIS%20_20160701040004_Cover_MPI.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1129/2/ABDUL%20KARIM%20UAIS%20_20160701040004_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_MPI.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1129/3/ABDUL%20KARIM%20UAIS%20_20160701040004_Lembar_Pengesahan_MPI.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1129/4/ABDUL%20KARIM%20UAIS%20_20160701040004_Abstrak_MPI.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1129/5/ABDUL%20KARIM%20UAIS%20_20160701040004_Daftar_Isi_MPI.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1129/6/ABDUL%20KARIM%20UAIS%20_20160701040004_BAB%20I_MPI.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1129/7/ABDUL%20KARIM%20UAIS%20_20160701040004_BAB%20II_MPI.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1129/8/ABDUL%20KARIM%20UAIS%20_20160701040004_BAB%20III_MPI.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1129/9/ABDUL%20KARIM%20UAIS%20_20160701040004_BAB%20IV_MPI.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1129/10/ABDUL%20KARIM%20UAIS%20_20160701040004_BAB%20V_MPI.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1129/11/ABDUL%20KARIM%20UAIS%20_20160701040004_Datar_Pustaka_MPI.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1129/12/ABDUL%20KARIM%20UAIS%20_20160701040004_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_persetujuan_Publikasi_MPI.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/1129/
Daftar Isi:
  • Dalam upaya menghasilkan sekolah yang berkualitas, banyak faktor yang terlibat di dalamnya, salah satu peranan yang sangat menentukan adalah kepala madrasah. Kedudukan kepala madrasah dalam penyelenggaraan pendidikan di madrasah merupakan figur sentral yang bertanggung jawab terhadap lancar tidaknya kegiatan proses pendidikan di madarsah. Sumber daya manusia, keuangan, sarana dan prasarana serta informasi tidak akan dapat berperan optimal dalam pencapaian tujuan madrasah untuk tanpa dikelola dengan baik oleh kepala madrasah. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga pembahasan yang menjadi fokus dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Komepetensi Merancang Program Ekstra Tahfidz Juz Amma di MI An-Najah I Karduluk Pragaan Sumenep; kedua, Komepetensi Malaksanakan Program Ektra tahfidz Juz Amma di MI An-Najah I Karduluk Pragaan Sumenep; ketiga, Komepetensi Menilai Program Ekstra Tahfidz Juz Amma di MI An-Najah I Karduluk Pragaan Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif karena data yang diperoleh berupa kata-kata bukan angka. Sedangkan sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi, perpanjangan kehadiran dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Kompetensi merancang program ektrakurikuler khususnya program ekstra tahfidz juz amma yaitu, bagaimana suatu program yang di jalankan berjalan secara maksimal, penentu dalam pendeskripsian tujuan yang ingin di capai, suatu penentuan strategi atau metode yang akan di pakai dalam pelaksanaan seperti pembagian surah juz amma dari kelas satu samapai kelas enam, penetuan suatu meteri-materi yang akan di terapkan dalam sebuah program, dan juga mengembangkan rancangan dalam pelaksanaannya. Kedua, Kompetensi melaksanakan program ekstra tahfidz juz amma di MI An-Najah I yaitu dengan di lakukan pembiasaan membaca surahsurah sebelum memulai mata pelajaran dari jam 06:30-07:00 sesuai dengan jadwal kelas masing-masing. Ketiga, Kompetensi menilai yang dilakukan dalam program ekstra tahfidz juz amma di MI An-Najah I yaitu dengan beberapa tahap yang pertama yaitu di lakukan oleh wali kelas masing-masing secara individu atau masing-masing siswa sebelum di lakukan penilaian oleh wali kelasnyadan selanjutnya dilakukan penilaian oleh wali kelas masing masing siswa untuk di masukkan pada raport siswa, yaitu masuk pada penilaian penilaian program ekstrakurikuler.