Kompetensi Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Menggunakan Teknik Self Management Di SMPN 1 Tlanakan
Daftar Isi:
- Kompetensi guru bimbingan dan konseling merupakan salah satu faktor dalam keefektifan dan keberhasilan suatu layanan bimbingan dan konseling. Dalam pelaksanaan teknik self management guru bimbingan dan konseling menjadi fasilitator dalam perubahan perilaku siswa. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama kompetensi apa yang harus dimiliki seorang guru bimbingan dan konseling dalam menggunakan teknik self management di SMPN 1 Tlanakan, kedua bagaimana pelaksanaan bimbingan dan konseling dengan teknik self management di SMPN 1 Tlanakan, ketiga bagaimana hasil dari pelaksanaan bimbingan dan konseling dengan teknik self management di SMPN 1 Tlanakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, sumber data diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Yang menjadi informan adalah kepala sekolah SMPN 1 Tlanakan, guru BK SMPN 1 Tlanakan dan siswa SMPN 1 Tlanakan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikut sertaan, ketekunan penelitian, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, kompetensi guru bimbingan dan konseling di SMPN 1 Tlanakan cukup baik dalam menggunakan teknik self management di buktikan dalam pemberian layanan yang telah dipersiapkan secara matang. Kedua, pelaksanaan teknik self management di SMPN 1 Tlanakan dilaksanakan kepada siswa yang bermasalah pada perilaku yang tidak bisa dimenejemen, seperti lalai mengerjakan tugas, bolos, sering terlambat. terdapat tiga tahapan dalam pelaksanaan teknik self management berupa: observasi, evaluasi dan pemberian motivasi. Ketiga, hasil dari pelaksanaan bimbingan dan konseling dengan teknik self management di SMPN 1 Tlanakan dapat diketahui setelah beberapa minggu bisa sampai satu bulan. Dalam pelaksanaan ini ada yang berhasil dan sempat juga gagal faktor yang mempengaruhi keberhasilan hasil pelaksanaan teknik self management selain dari kompetensi guru bimbingan dan konseling juga adanya kemauan dari siswa, dukungan dari lingkungan keluarga dan lingkungan sosial.