Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Riset dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Matakuliah Metode Pembelajaran PAI di Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Pragaan Sumenep
Daftar Isi:
- ABSTRAK Isti’anah, 2020, Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Riset dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Matakuliah Metode Pembelajaran PAI di Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Pragaan Sumenep, Tesis, Program Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana IAIN Madura, Pembimbing: Dr. Buna’i, S.Ag., M.Pd. dan Dr. H. Saiful Hadi, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Riset dan Mutu Pembelajaran Tugas pokok dan fungsi dari dosen terjabarkan dalam tridharma perguruan tinggi yakni bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Mutu pendidikan menjadi rendah ketika pendidik hanya terpaku pada bahan-bahan pendidikan yang konvensional tanpa ada kreatifitas untuk mengembangkan bahan tersebut secara inovatif. Model pembelajaran berbasis riset menjadi salah satu solusi alternatif dalam peningkatan prestasi akademik mahasiswa. Intitut dirosat islamiyah al-amien prenduan pragaan sumenep menerapkan pembelajaran berbasis riset dalam meningkatkan mutu pembelajaran untuk di beberapa matakuliah dan salah satu matakuliah metode pembelajaran PAI. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis riset dalam meningkatkan mutu pembelajaran pada matakuliah metode pembelajaran PAI di IDIA Prenduan Pragaan Sumenep?, Bagaimana dampak penerapan model pembelajaran berbasis riset dalam meningkatkan mutu pembelajaran pada matakuliah metode pembelajaran PAI di IDIA Prenduan Pragaan Sumenep?, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan model pembelajaran berbasis riset dalam meningkatkan mutu pembelajaran pada matakuliah metode pembelajaran PAI di IDIA Prenduan Pragaan Sumenep?. Untuk menjawab permasalahan ini, dilakukan penelitian dengan pendekatan penelitian lapangan (field research) ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipan, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis riset dalam meningkatkan mutu pembelajaran pada matakuliah metode pembelajaran PAI di IDIA Prenduan Pragaan Sumenep meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap Penilaian/evaluasi. Dampaknya ialah dapat dikembangkan sesuai dengan karakteristik kajian ilmu serta kondisi fasilitas yang tersedia. Dan faktor pendukungnya adalah yaitu Motivasi yang tinggi, Tenaga pengajar yang berkompeten, Penyediaan sarana prasaranan yang memadai. Sedangkan faktor penghambat meliputi; Perbedaan kemampuan dan karakteristik siswa, Keterbatasan waktu belajar