EFEKTIVITAS EDUKASI TENTANG PEMILIHAN JAJANAN SEHAT MELALUI MEDIA VISUAL LEAFLET TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA SEKOLAH DASAR KANISIUS KADIROJO DI KECAMATAN KALASAN, KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA
Main Authors: | Damayanti, Susi, Sumekar, Ariana |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STIKES Wira Husada Yogyakarta
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.stikeswirahusada.ac.id/jkm/article/view/324 https://jurnal.stikeswirahusada.ac.id/jkm/article/view/324/237 |
Daftar Isi:
- Latar Belakang : Pangan jajanan merupakan salah satu asupan pangan yang digemari olehmasyarakat, terutama anak-anak usia sekolah dasar (SD). Anak-anak yang mengkonsumsijajanan berakibat nafsu makan yang kurang dan mengalami masalah pada gizinya yaitu 12,2%anak mengalami berat badan kurang, 11,4% anak mengalami berat badan lebih dan 14,6% anakmengalami obesitas (Centers for Diseases Control, 2015). Pendidikan gizi diperlukan olehanak usia sekolah terutama untuk meningkatkan pengetahuan, dan sikap pemilihan jajananyang baik. Hasil berbagai penelitian menunjukkan bahwa intervensi pendidikan gizi dapatmeningkatkan pengetahuan, dan sikap pada anak sekolah dengan efektivitas yang berbeda bedaTujuan : Mengetahui efektivitas edukasi melalui media visual leaflet tentang pemilihan jajanansehat terhadap pengetahuan, dan sikap siswa Sekolah Dasar Kanisius Kadirojo, KabupatenSleman, YogyakartaMetode Penelitian : Penelitian ini menggunakan desain penelitian komparasi denganpendekatan pre-experimental dengan desain one group pre test- post test design. Sampel dalampenelitian ini adalah siswa kelas IV SD Kanisius sejumlah 36 siswa. Data dianalisis denganmenggunakan paired sample T-test.Hasil : Terdapat peningkatan skor rata-rata tingkat pengetahuan. Sebelum dan setelah diberikanedukasi dengan media leaflet sebesar 3,72%. Terjadi peningkatan pengetahuan jumlah siswasebelum diberikan edukasi dengan media visual leaflet di SD Kanisius Kadirojo KalasanSleman Yogyakarta. Jumlah siswa dengan kategori baik 31 siswa (86,1%) dan setelah diberikanedukasi meningkat menjadi 34 siswa (94,4%). Terdapat peningkatan skor rata-rata sebesar3,34% sikap siswa SD Kanisius Kadirojo sebelum dan setelah diberikan edukasi dengan medialeaflet.Kesimpulan : Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pengetahuan siswa SD KanisiusKadirojo Kalasan Sleman antara sebelum dan sesudah diberikan edukasi dengan media visualleaflet pada siswa kelas empat SD Kadirojo Kalasan Sleman nilai sig 0,132 (p>0,005). Tidakterdapat perbedaan yang signifikan sikap siswa SD Kanisius Kadirojo Kalasan Sleman antarasebelum dan sesudah diberikan edukasi dengan media leaflet pemilihan jajanan sehat dengannilai p = 0,312 (p>0,05)