Daftar Isi:
  • UMKM Rengginang Umi merupakan salah satu produsen Rengginang di Kota Tegal. UMKM Rengginang Umi telah menerapkan strategi pemasaran dengan sistem online dan offline. Namun di kedua sistem online dan offline adanya perbedaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan strategi pemasaran online dan offline di UMKM Rengginang Umi Tegal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obsevasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah deskritif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis dan komparatif. Analisis data dalam penelitian ini memperoleh hasil perbandingan antara strategi pemasaran online dan offline pada UMKM Rengginang Umi Tegal dapat diketahui strategi yang lebih efektif adalah strategi pemasaran offline, dimana konsumen lebih memilih untuk membeli langsung ke UMKM dibandingkan memesan melalui online. Pada strategi pemasaran online kurangnya konsumen hal tersebut dikarenakan UMKM Rengginang Umi jarang mempromosikan barang dagangannya sehingga kurangnya konsumen pada penjualan online. Sedangkan pada strategi pemasaran offline kurangnya karyawan sehingga kepuasan pelanggan kurang diperhatikan.