STRATEGI PEMASARAN MELALUI SOSIAL MEDIA UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN (STUDI KASUS UMKM ROTI IBU NOVI)
Main Author: | Amalia, Nadia Juni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Text |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.poltektegal.ac.id/696/1/TA%20NAADIA%20JUNI%20AMALIA%20FILE.pdf http://eprints.poltektegal.ac.id/696/2/prosiding%20nadia%20juni%20amalia_18030100.pdf http://eprints.poltektegal.ac.id/696/ |
Daftar Isi:
- UMKM dapat beradaptasi dengan menawarkan barang dagangannya secara online dan tetap memenuhi kebutuhan masyarakat, dengan begitu kondisi ekonomi akan tetap berjalan dan lambat laun akan bangkit. Tidak hanya itu, pelaku UMKM juga pasti mendapatkan bahan baku produksi dari lingkungan sekitar dan produsen lokal. Hal ini tentu dapat menjanjikan keuntungan tambahan bagi masyarakat sekitar yang juga akan menjadi konsumen dan meningkatkan perputaran ekonomi yang lebih pesat. Tujuan penelitian ini adalah menentukan strategi pemasaran melalui sosial media menggunakan analisis SWOT. Dengan begitu UMKM dapat mengetahui kekuatan,kelemahan,peluang dan ancaman yang ada. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah Wawancara,Observasi,Studi Pustaka. lakukan Teknik analisis data yang dilakukan adalah Deskriptif Kualitatif. Dengan Analisis SWOT. Kesimpulan menggunakan Growth Oriented Strategy. Ini dikarenakan pada diagram Cartesius analisis SWOT menunjukan bahwa total skor tertinggi pada kuadran pertama. dimana kuadran tersebut merupakan situasi yang menguntungkan UMKM Selanjutnya total skor dari masing masing faktor dapat dirinci, strength 1,52 , weakness 1,2 , opportunity 1,68 , threat 1,45 . sehingga diketahui selisih total skor faktor strength dan weakness adalah (+) 0,32, sedangkan selisih total skor faktor opportunity dan threat adalah (+) 0,23. ini memiliki banyak peluang yang ada sekaligus meminimalkan kelemahan serta mengatasi berbagai ancaman yang akan dihadapi.