PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, PROMOTION, DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE INDONESIA PADA MAHASISWA POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA TEGAL

Main Author: Inayah, Mutiara Akhirul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Text
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.poltektegal.ac.id/684/1/LAPORAN%20TA_Mutiara%20Akhirul%20Inayah_6B_18030038.pdf
http://eprints.poltektegal.ac.id/684/2/PROSIDING_MUTIARA%20AKHIRUL%20INAYAH_6B_18030038.pdf
http://eprints.poltektegal.ac.id/684/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh online customer review, promotion, dan e-service quality terhadap keputusan pembelian di marketplace Indonesia pada mahasiswa Politeknik Harapan Bersama Tegal. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif Politeknik Harapan Bersama Tegal sebanyak 4.214 mahasiswa. Pemilihan sampel menggunakan rumus slovin, sehingga diperoleh 98 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif kuantitatif, uji instrumen data (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, dan uji autokorelasi), uji regresi linear berganda, uji hipotesis (uji t dan uji f), dan koefisien determinasi. Hasil uji t dan uji F menunjukkan hasil yang sama yaitu 0,000<0,01 (signifikansi 90%) yang artinya online customer review, promotion, dan e-service quality berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian. Angka adjusted R Square sebesar 0,624 menunjukkan bahwa 62,4% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen, sedangkan sisanya 37,6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.