STRATEGI GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGURANGI KENAKALAN SISWA MELALUI KONSELING INDIVIDU DI MADRASAH ALIYAH SWASTA PAB 1 SAMPALI

Main Author: Siregar, Wirda Fitriah; Alumni BKI UIN Sumatera Utara
Other Authors: UIN Sumatera Utara
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: UIN Sumatera Utara , 2020
Online Access: http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/almursyid/article/view/693
http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/almursyid/article/view/693/545
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penanganan dengan menggunakan konseling individu yang sesuai dan seharusnya diberikan kepada siswa dalam mengurangi kenakalan siswa, dengan batasan rumusan masalah yakni untuk mengetahui apakah dengan konseling individu kenakalan siswa itu bisa berkurang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitiannya adalah guru bimbingan dan konseling dan 6 (enam) siswa. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, diperoleh hasil bahwa strtaegi yang sudah dilakukan di sekolah tersebut dalam mengurangi kenaklan siswa adalah konseling individu, layanan informasi, dan bimbingan kelompok. Kegiatan bimbingan dan konseling yang dilakukan guru pembimbing dan konseling berdampak cukup bagus, hal ini terlihat dari prilaku siswa di MAS PAB 1 Sampali.Kata kunci: Strategi Guru BK, Kenakalan Siswa, Konseling Individu.