PENGGUNAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF CONTROL DALAM MENGURANGI PERILAKU AGRESIF SISWA KELAS VII-9 DI MTS AL-JAM’IYATUL WASLIYAH TEMBUNG

Main Authors: Tarmizi, Tarmizi, Julianti, Anisha
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: UIN Sumatera Utara , 2019
Online Access: http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/almursyid/article/view/526
http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/almursyid/article/view/526/448
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK). Untuk memperoleh data yang sesuai dalam penelitian ini, maka digunakan alat dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket, observasi dan wawancara. Kegiatan Layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan self control untuk mengurangi perilaku agresif seluruh siswa kelas VII-9, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa self control siswa meningkat setelah diberikan layanan bimbingan kelompok, hal ini dibuktikan berdasarkan hasil analisis angket. Maka dalam penelitian ini hipotesis yang diujikan adalah “Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Self Control Dalam Mengurangi Perilaku Agresif Siswa Kelas VII-9 di MTs AlJam’iyatul Washliyah Tembung” dapat diterima, artinya layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan self control dalam mengurangi perilaku agresif siswa. Di prasiklus persentase 40% dan mengalami peningkatan 20% di siklus I dengan hasil persentase 60% dan di siklus II layanan yang diberikan oleh peneliti mengalami peningkatan 30% dan mampu mencapai persentase 90%. Jika dibandingkan dengan persentase siklus I, self control dalam mengurangi perilaku agresif siswa setelah melakukan tindakan pada siklus II terjadi peningkatan yang artinya perilaku agresif siswa berkurang. Oleh karena itu, perilaku agresif siswa dapat di atasi melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VII-9 MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung.