UPAYA GURU BK DALAM MENGATASI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 MEDAN
Main Author: | Harahap, Wilda Deliana; Universitas Islam Negeri Sumatera Utara |
---|---|
Other Authors: | Universitas Islam Negeri Sumatera Utara |
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
UIN Sumatera Utara
, 2021
|
Online Access: |
http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/almursyid/article/view/1202 http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/almursyid/article/view/1202/793 |
Daftar Isi:
- Prokrastinasi akademik merupakan perilaku penundaan terhadap tugas akademik. Ada banyak kerugian yang akan didapatkan oleh seorang prokrastinator. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kondisi prokrastinasi akademik siswa selama masa pandemi COVID-19, faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik siswa, dan upaya guru BK dalam mengatasi prokrastinasi akademik, serta faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan upaya guru BK dalam mengatasi prokrastinasi akademik selama masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subyek penelitian adalah guru BK, dan 4 (empat) siswa. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian menunjukkan bahwa kondisi prokrastinasi akademik selama masa pandemi COVID-19 meningkat, faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik siswa yaitu motivasi belajar yang rendah dan stress, kurangnya perhatian orangtua terhadap perkembangan belajar anak, kurangnya kontrol diri ketika bermain gadget, dan kejenuhan belajar. Upaya yang dilakukan guru BK dalam mengatasi prokrastinasi akademik menggunakan konseling individu dan kunjunganrumah (home visit). Faktor pendukung pelaksanaan upaya guru BK dalam mengatasi prokrastinasi akademik yaitu pihak sekolah yang mendukung guru BK, orang tua siswa yang mau ikut bekerjasama, dan pihak sekolah (wali kelas) membantu guru BK mengumpulkan data siswa yang melakukan prokrastinasi akademik. Selanjutnya, faktor penghambatnya adalah sulit bertemu, jarak rumah siswa yang cukup jauh, dan sulitnya mengatur waktu dengan orangtua siswa.Kata Kunci : Guru BK, Prokrastinasi Akademik