Daftar Isi:
  • Pandemi COVID-19 mengakibatkan banyak perubahan dalam kehidupan khususnya dalam bidang pendidikan. Sistem pembelajaran tatap muka yang berubah menjadi pembelajaran daring mengakibatkan adanya dampak stres pada mahasiswa. Dampak psikologis bagi mahasiwa pun bervariasi dan tergantung pada mekanisme koping yang dimiliki. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi tingkat stres dan strategi koping mahasiswa dimasa pandemi COVID-19. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di Universitas ‘Aisyiyah Bandung dengan jumlah sampel 149 mahasiswa Sarjana Keperawatan dan Diploma III Keperawatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 73,2% mahasiswa mengalami stres tingkat sedang dan 98% mahasiswa menggunakan strategi koping Emotional Focused Coping. Maka dapat disimpulkan hasil dari penelitian bahwa mahasiswa mengalami stres tingkat sedang dengan penggunaan strategi koping Emotional Focused Coping. Dengan demikian, mahasiswa dengan kondisi tingkat stres tinggi dan sedang disarankan untuk melakukan konsultasi agar mahasiswa dapat beradaptasi dalam menghadapi situasi yang menyebabkan stres.