Daftar Isi:
  • Beban akademik dan pekerjaan yang dipikul oleh mahasiswa sarjana keperawatan kelas B berbeda dengan mahasiswa reguler lainnya sehingga tingkat stressor yang dimiliki berbeda. Proses evaluasi pembelajaran Asuhan Keperawatan Spiritual Muslim yang selama ini sudah dilakukan oleh pihak institusi berupa evaluasi kognitif, afektif dan psikomotor sementara evaluasi terhadap koping religius mahasiswa belum dilakukan. Koping religius adalah cara seseorang menyelesaikan permasalahan dalam hidupnya dengan menggunakan agama dan keyakinannya pada Tuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui koping religius mahasiswa Sarjana Keperawatan STIKes ‘Aisyiyah Bandung setelah mengikuti pembelajaran Asuhan Keperawatan Spiritual Muslim. Jenis penelitian kuantitatif deskriptif.Teknik pengambilan sampel total sampling sebanyak 55 orang. Instrumen penelitian diadopsi dari PMIR yang telah dimodifikasi oleh peneliti dengan nilai alpha Cronbach 0,891. Hasil penelitian menunjukkan total seluruh responden (100%) memiliki koping religius sangat baik dengan jumlah persentase terbesar pada aspek koping religius yaitu (100%) pada aspek keyakinan dan praktik, perintah dan larangan, dan koping positif dalam beragama sedangkan persentase terendah (2%) aspek koping negative dalam beragama. Hasil penelitian diharapkan menjadi data awal untuk melakukan proses evaluasi meliputi aspek afektif, kognitif, psikomotor dan spiritual.;--The academic and workload who borne by class B nursing undergraduate students differ from other reguler students so the stressor level is different. The process of evaluating the learning of Spiritual Muslim Nursing Care has been done by institution was related to cognitive, affective and psikomotor evaluations while evaluating students religious coping has not been done. Religious coping is the way for someone to solve problem in their life with religious and beliefs to God. This study aims to knowing religious coping undergraduate nursing student STIKes Aisyiyah Bandung after Spiritual Muslim Nursing Care learning.The type of this study is descriptive quantitative, sampels of this study are 55 respondents by using total sampling.The instrument was addopted by PMIR which had been modified by researcher with Alpha Cronbach value is 0,891.The result showed the total respondents (100%) having religious coping very good, with the greates percentage(100%) aspect religious coping are islamic beliefs subscale, islamic ethical principles & universality and islamic positive religious coping and the lowest percentage (2%) is islamic negative religious coping.The result of study are expected to be initial data to conduct a learning evaluation process includes aspects affective, cognitive, psychomotor and spiritual.