Upaya Menilai Kemampuan Motorik Kasar pada Anak Usia Prasekolah melalui Senam Ceria

Main Author: Hatala, Tri Nurminingsih
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Semarang , 2022
Subjects:
Online Access: https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JKJ/article/view/9830
https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JKJ/article/view/9830/pdf
Daftar Isi:
  • Anak usia pra sekolah adalah mereka yang berusia antara Anak usia pra sekolah adalah mereka yang berusia antara tiga sampai enam tahun . Anak usia prasekolah sedang dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan yang paling pesat, baik fisik maupun mental. Pada anak usia 0-6 tahun hendaklah memberikan layanan pendidikan dengan baik, karena masa itu lah anak dapat di rangsang segala apek perkembangannya..salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menilai perkembangan motorik kasar anak melalui senam ceria yang tujuan utamanya adalah pengembangan kualitas terhadap fisik serta penguasaan pengontrolannya Maka dari itu peneliti mengangkat masalah ini untuk menilai kemampuan motorik kasar anak usia prasekolah melalui senam ceria di RA IT Yaa Bunayya Hidayatullah Ambon. Metode penelitian Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2021. Populasi 13 pasien dengan teknik sampling menggunakan total sampling anak usia prasekolah . Hasil yang didapat menilai perkembangan motorik kasar pada anak usia sekolah. Kesimpulan. efektifitas pelaksanaan senam ceria membawa dampak positif dalam menilai perkembangan motoric.