Intensitas Bermain Game Online Berhubungan dengan Perilaku Agresif Verbal Remaja
Main Authors: | Isnaini, Istiqomah, Malfasari, Eka, Devita, Yeni, Herniyanti, Rina |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Semarang
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JKJ/article/view/7036 https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JKJ/article/view/7036/pdf |
Daftar Isi:
- Perilaku agresif dapatbisa terjadi secara verbal. Salah satu pemicu terjadinya perilaku agresif adalah bermain game online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas bermain game online dengan perilaku agresif verbal remaja di komunitas game online PUBG Pekanbaru. Desain penelitian adalah kuantitatif berbentuk korelasi dengan rancangan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di salah satu komunitas game online PUBG Pekanbaru. sampel penelitian ini adalah 48 responden menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa skala likert Brief Aggression Questionnaire (BAQ) dan skala intensitas. Alat ukur yang digunakan untuk variabel intensitas bermain game online adalah kuesioner penelitian yang telah di uji validitas dengan validitas 0,906 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,906 dan untuk variabel perilaku agresif verbal adalah kuesioner penelitian yang telah di uji validitas dengan r hasil dengan validitas indeks diskriminasi rix ≥ 0,30 nilai koefisien alpha sebesar 0,906 dan reliabilitas 0,931. Analisa yang digunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan 64,58% responden dengan intensitas bermain game online tinggi dan 66,67% responden dengan perilaku agresif verbal tinggi. Hasil uji statistik p value 0,002 < (0,05) sehingga di dapatkan hubungan yang signifikan antara intensitas bermain game online PUBG dengan perilaku agresif verbal remaja.