MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENARI ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN TARI KREASI “YAMKO RAMBE YAMKO” DI KELOMPOK B PAUD AN-NAZWA KECAMATAN CIKEUSAL
Main Author: | Larasati Nur Indah Prawesti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.stkipbanten.ac.id/index.php/Joee/article/view/124 https://jurnal.stkipbanten.ac.id/index.php/Joee/article/view/124/109 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi. Penelitian ini menggunakan desain PTK Kemmis dan Mc.Taggart yang dilakukan dengan menggunakan 2 siklus dan 2 kali pertemuan. Jika pada siklus ke 2 penelitian belum mencapai keberhasilan maka akan dilakukan penelitian lanutan pada siklus selanutnya. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan penyusunan rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B. Jumlah anak yang diteliti sebanyak 15 anak. Lokasi penelitian dilaksanakan ditempat tugas peneliti yaitu PAUD An-Nazwa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Alat-alat yang digunakan untuk mendapatkan data lengkap adalah pedoman observasi, arsip-arsip dan kamera foto. Analisis data dilakukan untuk mengolah dan menginterpretasi data dengan tujuan memperoleh informasi yang sesuai untuk tujuan penelitian. Analisis data yang menggunakan teknik deskriptif kualitatif digunakan untuk menentukan peningkatan proses belajar melalui tindakan yang diberikan. Pada penelitian ini triangulasi atau membandingkan dengan bantuan teman sejawat yang samasama melakukan penelitian, guru kolabolator dan dosen pembimbing sebagai pihak ahli dalam hal penelitian. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan kemampuan menari anak usia dini di kelompok B PAUD An Nazwa dari siklus 1 sebesar 33% naik menjadi 100% pada siklus 2 dengan dengan jumlah anak 15 orang yang memiliki perkembangan Berkembang Sesuai Harapan dan Berkembang Sangat Baik. Persentase pada pertemuan 2 sudah mencapai keberhasilan maka keputusannya adalah penelitian dihentikan.. Keberhasilan penelitian ini didukung oleh peningkaan kemampuan guru dalam menerapkan metode demonstransi pada penerapan tindakan penelitian dengan nilai 100 di siklus 2.