PENGGUNAAN PERMAINAN KARTU HURUF HIJAIYAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DALAM

Main Author: Nia Kurniasih
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini , 2020
Subjects:
Online Access: https://jurnal.stkipbanten.ac.id/index.php/Joee/article/view/121
https://jurnal.stkipbanten.ac.id/index.php/Joee/article/view/121/106
Daftar Isi:
  • Pendidikan merupakan suatu proses kegiatan yang ditujukan untuk mempengaruhi manusia. Manusia yang mampu mengadakan intraksi dengan lingkungan sekitarnya.  Proses tersebut dilaksanakan secara sistematis dan terencana yang akan di kembangkan secara terus menerus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kemampuan membaca iqra pada anak usia dini sebelum menggunakan permainan kartu huruf hijaiyah dan untuk mengetahui kemampuan membaca iqra anak usia dini sesudah menggunakan permainan kartu huruf hijaiyah. Peneltian ini adalah penelitian kepustakaan ( Library Research ), Pengumpulan data peneliti menggunakan paper dan journal ilmiah, tesis dan disertasi, skripsi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan memperoleh hasil persentase yang menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa, terlihat dalam kode data artikel A1 skor pretes menunjukan data dari 40% ketuntasan klasikal menjadi 53% sehingga peningkatannya 13%, kode data A2 menunjukan dari 22,08 %menjadi 79,58 % dengan peningkatan mencapai 57,5 %, kode data A3 dari 25% menjadi 66,7%. dengan peningkatan mencapai 41,7%. Adapun rata-rata hasil pretes sebelum menggunakam model pembelajaran permainan kartu huruf hijaiyah yaitu 29,02% dan sesudah menggunakan model permainan kartu huruf hijaiyah meningkat menjadi 66,42% dengan rata-rata peningkatan 27,4%.