KEGIATAN KEPRAMUKAAN SEBAGAI PEMBELAJARAN KEMANDIRIAN GENERASI MUDA BERBASIS ALAM TERBUKA

Main Author: Suarifqi Diantama
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan , 2017
Subjects:
Online Access: https://jurnal.stkipbanten.ac.id/index.php/citizen-voice/article/view/9
https://jurnal.stkipbanten.ac.id/index.php/citizen-voice/article/view/9/6
Daftar Isi:
  • Kegiatan pramuka sebagai wahana pendidikan mempunyai peran besar dalam pembentukan kepribadian generasi muda agar memiliki pengendalian diri dan kecakapan hidup untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global. Kegiatan alam terbuka hendaklah dipahami dalam konteks pendidikan kepramukaan untuk mempersiapkan generasi muda dalam menghadapi tantangan global. Sehingga tujuan dari pendidikan nasional tercapai secara simultan baik melalui jalur formal, nonformal, maupun informal. Melalui gerakan pramuka, generasi muda akan memiliki jati diri yang sehat dan kuat serta mampu menghadapi masalah, tantangan dimanapun dalam kondisi apapun sendiri maupun dalam komunitas. Riset menunjukan bahwa pembelajaran kemandirian generasi muda lewat kegiatan pramuka berbasis alam terbuka melalui prinsip dasar dan metode, sistem among, dapat dilakukan melalui kegiatan berkemah, petualangan, dan survival. Nilai kemandirian dari kegiatan pramuka berbasis alam terbuka yaitu  perilaku mampu berinisiatif, menyelesaikan masalah, memiliki rasa percaya diri, melakukan sendiri tanpa bantuan orang lain dapat terlihat pada aktivitas generasi muda dalam kegiatan di alam terbuka.