Sistem Informasi Manajemen Bengkel Modul Point of Sales Berbasis Web
Main Authors: | Kusuma Putra, I Gede Angga, Sudana, Anak Agung Kompiang Oka, Raharja, I Made Sunia |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
, 2021
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/view/79954 https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/view/79954/41989 |
Daftar Isi:
- Bengkel kendaraan merupakan perusahaan yang melayani jasa pada bidang perbaikan dan perawatan kendaraan bermotor. Bisnis proses konvensional masih banyak ditemukan ditemukan pada bengkel kendaraan. Proses bisnis pada kasir bengkel kendaraan yang masih konvensional dapat berisiko terjadi kerusakan atau kehilangan data transaksi layanan dan penjualan suku cadang pada bengkel kendaraan. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini berfokus pada penerapan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Bengkel Modul Point of Sales Berbasis Web pada suatu bengkel kendaraan. Penerapan SIM Bengkel Modul Point of Sales yang berbasis web dapat memudahkan pekerjaan kasir bengkel kendaraan dalam menangani proses pembayaran service dan suku cadang, serta laporan harian pengerjaan service dan penjualan suku cadang kendaraan bermotor. Metodologi penelitian yang digunakan pada penelitian SIM Bengkel Modul Point of Sales yaitu dengan metode waterfall. Pengujian sistem yang digunakan pada SIM Bengkel Modul Point of Sales yaitu Pengujian Black-Box untuk menguji fitur yang terdapat pada sistem. Hasil dari penelitian yaitu berupa Sistem Point of Sales yang berbasis web dan bisa digunakan oleh suatu bengkel kendaraan untuk memperbaiki proses bisnis kasir bengkel kendaraan yang masih konvensional, sehingga dapat mempermudah pemilik bengkel untuk memperoleh informasi yang akurat, cepat, dan tepat ketika pengambilan keputusan manajemen bengkel.