EFFECT OF PRODUCT INNOVATION AND ENTREPRENEURIAL ORIENTATION ON COMPETITIVE ADVANTAGE IN THE COCONUT SHELL CRAFT INDUSTRY IN KARANGASEM REGENCY
Main Authors: | Bhegawati, Desak Ayu Sriary, Yuliastuti, Ida Ayu Nyoman |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Pendidikan Nasional
, 2019
|
Online Access: |
https://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen/article/view/2153 https://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen/article/view/2153/521 |
Daftar Isi:
- Effect of Product Innovation and Entrepreneurial Orientation on Competitive Advantage in the Coconut Shell Craft Industry in Karangasem Regency. Usaha Kecil Menengah (UKM) memiliki kelebihan dalam mempertahankan usahanya dari krisis ekonomi, namun sebagian besar usaha kecil terkena dampak buruk dari krisis ekonomi tersebut. Untuk bisa menghadapi persaingan tersebut industri kecil menengah (UKM) harus memiliki keunggulan bersaing agar usahanya bisa berkembang dan terus bertahan. Keunggulan bersaing dapat diciptakan dengan diterapkannya orientasi kewirausahaan pada jiwa pelaku usaha dan mampu menciptakan inovasi produk sebagai nilai tambah dari produk yang dihasilkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing pada industri kerajinan batok kelapa. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Karangasem dengan jumlah populasi industri batok kelapa sebanyak 181 unit usaha. Sampel ditentukan dengan menggunakan metode slovin yaitu sebanyak 64 unit usaha, dan teknik analisis yang digunakan adalah dengan regresi linier berganda. Hasil pengujian hipotesis pada penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing pada industri batok kelapa di Kabupaten Karangasem. Sedangkan orientasi kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap keunggulan bersaing pada industri batok kelapa di Kabupaten Karangasem. Hal ini berarti inovasi produk tetap dilakukan untuk menciptakan produk atau desain produk yang baru dan lebih menarik dalam menjaga keunggulan bersaing. Orientasi kewirausahaan bukan merupakan faktor yang dapat mempengaruhi keinginan keunggulan bersaing bagi UKM produk industri kerajinan batok kelapa di Kabupaten Karangasem, karena dilihat dari kondisi kemampuan pengrajin yang terbatas, dan perlu ditingkatkan keahliannya. Selain itu tindakan pengrajin batok kelapa tidak melihat sisi keuntungan usaha,tetapi berorientasi pada usahanya agar tetap bertahan.Kata kunci: inovasi produk, orientasi kewirausahaan, keunggulan bersaing, industri kerajinan batok kelapa