ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN SAAB MOTE DESA NAGASEPAHA SEBAGAI PRODUK IKONIK

Main Authors: Ayuni, Ni Made Sri, Gorda, Anak Agung Ngurah Eddy Supriyadinatha, Budiasni, Ni Wayan Novi
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pendidikan Nasional , 2019
Online Access: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen/article/view/2152
https://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen/article/view/2152/516
Daftar Isi:
  • Orientasi Kewirausahaan Saab Mote Desa Nagasepaha Sebagai Produk Ikonik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk meneliti penerapan orientasi kewirausahaan saab mote di Desa Nagasepaha sebagai produk ikonik. Penelitian bertujuan ingin mengetahui orientasi kewirausahaan pada usaha kerajinan saab mote di Desa Nagasepaha. Sehingga mampu memberikan suatu kesimpulan tentang dukungan sosial kepada wirausaha untuk melakukan orientasi kewirausahaan agar produk yang dihasilkan menjadi produk ikonik. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data yang dianalisa adalah hasil wawancara dengan pengerajin saab mote, kepala Desa Nagasepaha dan konsumen saab mote. Hasil penelitian menujukan bahwa dukungan sosial merupakan faktor eksternal yang dibutuhkan oleh wirausaha untuk mengembangkan usahanya. Penerapan orientasi kewirausahaan di Desa Nagasepaha belum dilakukan secara maksimal dapat terlihat dari jumlah pengerajin saab mengalami fluktuasi dikarenakan pengerajin belum bisa menjadikan kerajianan saab mote sebagai mata pencarian utama. Motivasi pengerajin sangat diperlukan untuk menginovasi produk agar produk saab mote menjadi produk ikonik. Kata kunci: dukungan sosial, orientasi kewirausahaan, produk ikonik