PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER(NHT) PADA MURID SDN SATAP 2 KONAWE SELATAN

Main Author: POPON JUARSIH, NIM. 10 010101 032
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://digilib.iainkendari.ac.id/919/1/COVER.docx
http://digilib.iainkendari.ac.id/919/2/BAB%20I.docx
http://digilib.iainkendari.ac.id/919/3/BAB%20II.docx
http://digilib.iainkendari.ac.id/919/4/BAB%20III.docx
http://digilib.iainkendari.ac.id/919/5/BAB%20IV.docx
http://digilib.iainkendari.ac.id/919/6/BAB%20V.docx
http://digilib.iainkendari.ac.id/919/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK POPON JUARSIH, Peningkatan Hasil Belajar PAI Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Murid SDN Satap 2 Konawe Selatan, (dibimbing oleh Dr. Abdul Kadir, M. Pd dan Aliwar, S. Ag M. Pd). Penelitian berjudul “ Peningkatan Hasil Belajar PAI Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Murid SDN Satap 2 Konawe Selatan”. Masalah utama yang dibahas dalam skripsi ini adalah “ Apakah hasil belajar murid pada pembelajaran PAI tentang ketentuan shalat dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan bagaimana pelaksanaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada bidang studi PAI tentang ketentuan shalat”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Objek penelitian ini adalah murid kelas IV SDN Satap 2 Konawe Selatan yang berjumlah sebanyak 20 orang. Aktivitas guru dan murid sangat penting dalam proses pembelajaran. Hasil belajar yang belum memenuhi KKM disebabkan karena guru masih menggunakan metode ceramah dan Tanya jawab saja. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran guru sebaiknya menggunakan metode kooperatif agar murid memperoleh hasil belajar sesuai harapan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2x pertemuan. Karakteristik dari penelitian ini adanya tindakan khusus berupa pengelompokan, penomoran, memberikan pertanyaan, diskusi kelompok dan presentase hasil diskusi. Kegiatan tersebut bertujuan agar proses belajar mengajar dapat berjalan secara aktif. Data yang diperoleh dan setelah melakukan analisis diketahui bahwa nilai rata-rata yang diperoleh murid pada pra siklus adalah 45,5 dengan persentase ketuntasan sebesar 20% (4 orang). siklus I nilai rata-rata 61,5 persentase ketuntasan sebesar 40% (8 orang) dan siklus II nilai rata-rata 82,5 persentase ketuntasan 95% (19 orang). Maka, peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus I sebesar 35,16%, dari siklus I ke siklus II sebesar 34,15 dan dari pra siklus ke siklus II sebesar 81,32%. Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran NHT pada bidang studi PAI kelas IV SDN Satap 2 Konawe Selatan dapat meningkatkan hasil belajar murid.