Daftar Isi:
  • ABSTRAK Hasnawir, Nim: 11010101084, “Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 26 Poleang Timur Kec. Poleang Timur Kab. Bombana”, (dibimbimg oleh Dr. H. Herman, M. Pd.I dan Raehang, S.Ag, M.Pd.I) penelitian ini bertujuan mendeskripsikan secara obyektif kondisi penggunaan media audio visual dalam meningkatkan pembelajaran pendidikan agama islam di SMPN 26 poleang timur Berdasarkan latar belakang dapat dirumuskan permasalahan Bagaimana penggunaan media audio visual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN26 poleang timur dan efektivitas media audio visual dalam meningkatkan pembelajaran PAI di SMPN poleang timur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan media audio visual dalam, langkah-langkah dan metode apa saja yang ditempuh guru PAI dalam penggunaan media audio visual dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMPN 26 poleang timur kec. Poleang timur kab. Bombana, efektifitas penggunaan media audio visual dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMPN 26 poleang timur kec. Poleang timur kab. Bomban. jenis penelitian lapangan atau field research (penelitian lapangan) dengan analisis data kualitatif deskriptif yang berusaha untuk menghasilkan data secara mendalam, gambaran yang sistematis, faktual serta akurat mengenai kenyataankenyataan, sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang diamati dan dianalisis dengan penelitian kualitatif deskriptif. Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 26 poleang timur yang paling utama adalah sarana prasarana penunjang pengadaan alat pengajaran sudah cukup seperti proyektor dan laptop. dalam proses pembelajaran guru PAI memanfaatkan media audio visual menampilkan materi sifat qanaah dan tasamuh yang berbentuk file video memudahkan langsung penjelasan materi karena contoh sifat qanah dan tasamuh dilihat oleh siswa. Adapun penggunaan media audio visual dalam pembelajaran pendidikan agama Islam sangat efektif. Hal tersebut dilihat dari beberapa respon siswa, yaitu siswa antusias mengikuti pembelajaran PAI, siswa merasa senang mengikuti pelajaran, siswa mampu memahami materi pelajaran, dan diperkuat melalui nilai hasil ujian MID siswa rata-rata 80,31.