Daftar Isi:
  • ABSTRAK ISHAK, NIM. 10010101110, Judul: Efektivitas Bimbingan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa di SD Negeri 18 Abeli Kota Kendari (Dibimbing Oleh: Drs. Muh. Shaleh, M.Pd dan Dr. Ambar Sri Lestari, M.Pd) Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengungkapkan peran bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di Sd Negeri 18 Abeli Kota Kendari. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 (enam) mulai bulan Maret sampai Agustus 2015. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara secara langsung, melakukan pengamatan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman, yang terdiri atas tiga tahapan penting, yakni pengumpulan data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi waktu, sumber, dan teknik pengumpulan data. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: 1) Rata-rata hasil belajar Islam siswa SD Negeri 18 Abeli Kota Kendari adalah sebesar 69,6 termasuk dalam kategori cukup. 2) Peran bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri 18 Abeli Kota Kendari adalah: a) Sebagai fasilitator terhadap segala kegiatan anak, b) Menjadi sumber ilmu dan pengetahuan dalam keluarga, c) Memberikan motivasi kepada anak untuk selalu meningkatkan prestasi belajar mereka, d) Sebagai tempat bertanya dan mengaduh terhadap hal-hal yang menjadi permasalahan anak, e) Memberikan arahan yang jelas untuk masa depan anak-anaknya, dan 3) Kendala yang dihadapi oleh orang tua dalam membimbing anak adalah: a) Orang tua sibuk bekerja sehingga memiliki waktu yang terbatas, b) Masalah ekonomi yang membuat orang tua tidak dapat memenuhi seluruh kebutuhan anak.