PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQHI DI MADRASAH ALIYAH DARUL MUKHLISIN KOTA KENDARI
Daftar Isi:
- ABSTRAK Wa tani, Nim: 13010101012 “Peran Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqhi di Madrasah Aliyah Darul Mukhlisin Kota Kendari ” ( Dibimbing oleh Dr. Hj. Nurseha Gazali, M. Si.) Latar belakang penelitian ini adalah bahwa guru mempunyai peranan yang penting pendidikan. Keberhasilan pencapaiyan tujuan pendidikan di Sekolah dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah peran-peran guru. Peran-peran guru inilah merupakan dorongan yang diberikan kepada individu siswa untuk melaksanakan pembelajaran. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru fiqhi dan apa saja yang dilakukan dalam meningkatkan hasil belajar siswa di Madrasah Aliyah Darul Mukhlisin Kota Kendari dan faktor yang menghambat dan mendukung peran guru fiqhi dalam meningkatkan hasil belajar siswa di Madrasah Aliyah Darul Mukhlisin Kota Kendari. penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran akan pentingnya peranan guru dalam pendidikanAdapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa di Madrasah Aliyah Darul Mukhlisin Kota Kendari. Metode penelitian yang digunankan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi tentang peran guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa di Madrasah Aliyah Darul Mukhlisi. Adapun fokus masalah penelitian ini adalah diarahkan pada peran guru.hambatan serta solusi yang diterapkan dalam mengatasi bambatan-hambatan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa peran guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqhi sangat berperan penting dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelaajaran fiqhi di Madrasah Aliyah Darul Mukhlisin Kota Kendari. Peranan guru fiqhi adapun faktor penghambat adalah keadaan siswa yang berbeda karakteristik serta kurangnya sarana dan prasarana yang kurang mendukung.