STRATEGI PEMBINA PONDOK DALAM PENGEMBANGAN PROGRAM HAFALAN AL QURAN DI PESANTREN HIDAYATULLAH KENDARI
Daftar Isi:
- ABSTRAK HARMAWATI, NIM. 13010103014, Judul: Strategi Pembina Pondok Dalam Pengembangan Program Hafalan al Quran di Pesantren Hidayatullah Kendari, (Dibimbing Oleh: Isna Humaera, S.Ag., S.Pd., M.Pd) Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembina Pondok Pesantren Hidayatullah dalam pengembangan program hafalan santri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana metode pembinaan hafalan al Quran di pondok Pesantren Hidayatullah Kendari? 2) Bagaimana strategi pembina pondok Pesantren Hidayatullah Kendari dalam pembinaan program hafalan al Quran? Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara secara langsung, melakukan pengamatan dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian adalah pembina pondok Pesantren Hidayatullah Kendari dan santri. Analisis data menggunakan model analisis yang terdiri atas tiga tahapan penting, yakni reduksi data penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi hasil penelitian. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: 1) Metode yang digunakan pembina Pondok Pesantren Hidayatullah kendari dalam pembinaan program hafalan al Quran santri adalah metode wahdah yang sebelumnya mempersyaratkan santri menguasai tajwid dan mekhrajul huruf dengan baik, dan evaluasi hafalan santri yang dilakukan secara mingguan (tes formatif) dan evaluasi pada saat akan khatam al Quran (tes sumatif). 2) Strategi yang diterapkan pembina pondok Pesantren Hiyatullah Kendari dalam pembinaan hafalan al Quran adalah melalu kegiatan harian, mingguan, dan bulanan, pendampingan santri, pendampingan yang diberikan pada santri yang mengalami masalah dalam menghafal al Quran dan pemberian reward atau penghargaan bagi santri yang berprestasi atau mencapai target hafalan yang telah ditetapkan serta punishment atau sanksi bagi santri yang melanggar atau tidak dapat mencapai target hafalan yang telah ditetapkan.